Manfaat Akupuntur Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Terapi akupuntur atau tusuk jarum sekarang ini banyak dipahami dan diminati oleh masyarakat pada beberapa tahun ini. Akupuntur sendiri adalah tusuk jarum yang prinsip pengobatannya dilakukan dengan merangsang titik tertentu pada bagian tubuh manusia. Jarum yang dibuat untuk akupuntur terbuat dari baja antikarat tipis. Saat ini, jarum masih diterapkan untuk semua umur untuk mengobati berbagai macam keluhan penyakit.



Dari segi kedokteran modern, akupuntur bekerja melalui perangsangan pada saraf sensorik di titik yang ditusuk. Perangsangan tersebut akan diteruskan hingga ke otak, akibatnya timbul berbagai respon fisiologis (normal) sebagai balasannya baik di tingkat otak maupun di organ perifer. Penelitian juga menemukan bahwa saat dilakukan akupuntur, maka tubuh akan melepaskan opioid endogen sehingga menimbulkan sensasi nyaman dan menghilangnya nyeri. Pelepasan hormon hormon yang berkerja pada aliran darah mebuat regulasi yang baik pada aliran darah. Walaupun telah banyak dilakukan penelitian, hubungan antara titik akupuntur dengan respon sistemik tubuh masih sulit dijabarkan dengan ilmu kedokteran moderen. Berikut adalah  manfaat dan khasiat dari akupuntur.

Mengurangi Rasa Nyeri
Akupuntur dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala kronis. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa akupuntur dapat mengurangi gangguan migrain, tegang pada kepala, dan berbagai macam gangguan sakit kepala lainnya.

Untuk Menghaluskan Kulit
Manfaat lain dari akupuntur untuk dunia kecantikan dilakukan dengan merangsang sistem syaraf yang menimbulkan reaksi setempat untuk meningkatkan peredaran darah dan produksi kolagen agar dapat bertambah. Untuk kecantikan, akupuntur bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mengurangi garis-garis halus atau keriput di wajah, mengatasi kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata, mengobati jerawat, mencerahkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori, membuat mata menjadi cemerlang dan mengangkat kelopak mata, meningkatkan aliran darah pada kulit, meningkatkan hormon kolagen dan mengatasi kerontokan rambut.

Baca Juga:  Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya

Melangsingkan Tubuh
Akupuntur juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Yaitu dengan menargetkan bagian otak tertentu yang berperan dalam mengatur masalah lapar, haus, detak jantung, mengatur jam tidur, hasrat seksual, sistem pencernaan, serta mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan melakukan penusukan jarum pada kedua bagian tersebut, maka keinginan untuk makan pun dapat dikendalikan. Seorang praktisi akupuntur menjelaskan bahwa penusukan pada titik tersebut dapat membuat orang yang biasanya makan 2 piring akan makan satu piring saja. Dan orang tersebut akan mual jika memaksakan diri. Jika ingin melakukan akupuntur untuk melangsingkan tubuh secara lebih efektif, penusukan dilakukan pada bagian tubuh yang banyak lemaknya seperti lengan, paha, dan perut.