Manfaat Air Putih bagi Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Sangat banyak sekali peran yang dapat diberikan air putih bagi tubuh selain hanya membantu mendorong makanan masuk ke lambung. Dalam sebuah studi di California menyebutkan bahwa air dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Air dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta dapat memeberikan rasa rileks pada tubuh. Memang tidak bisa diperinci bagaimana mekanisme kerjanya pada riset tersebut tersebut. Tetapi yang pasti, orang-orang yang dicoba dengan meminum air putih secara cukup memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar serta variabel yang diteli mendukung penelitian tersebut bila dibanding dengan orang-orang yang kekurangan air minum.

shutterstock_34531087 copy

Lebih lanjut lagi peran penting air putih sangat berperan bagi kesehatan jantung. Air putih yang berjenis bebas bakteri memiliki banyak manfaat ketika meminumnya sesuai yang dianjurkan. Salah satunya berdasarkan penelitian di Loma Linda University Amerika Serikat menyebutkan, orang yang minum lebih dari 5 gelas air sehari memiliki risiko penyakit jantung koroner yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari dua gelas per hari. Sehingga meminum air putih secara teratur akan sama pentingnya dengan olahraga, diet, atau tidak merokok dalam mencegah penyakit jantung koroner.

Kaitannya dengan kesehatan jantung, air yang diminum akan diserap masuk ke dalam aliran darah, hal ini dapat berpengaruh pada penurunkan ketebalan pembuluh darah, sehingga resiko terkena serangan jantung yang dipicu bekuan darah pun menjadi berkurang. Berbeda halnya dengan aspirin dan alkohol yang bisa menurunkan risiko serangan jantung tapi disertai problem kesehatan lain, sementara air putih tergolong murah dan mudah diperoleh serta tidak membahayakan.

Baca Juga:  Bahaya Mengintai Para Pengguna Vaping

Meminum air putih dengan metode yang benar akan memberikan efek kesehatan dalam jangka waktu yang panjang bagi tubuh manusia. Hal terbaru dalam sebuah riset di New York Amerika Serikat menyebutkan bahwa meminum air putih yang bebas kuman dengan teratur dan cukup dapat membuat usus besar bekerja dengan lebih efektif dengan cara membentuk darah baru atau dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises. Disebutkan juga bahwa mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan oleh metode ini. Teori yang tak terbantahkan dalam teori ini yang menyatakan bahwa darah segar baru diproduksi oleh mucousal fold ini. Bila usus bersih, maka gizi makanan yang dimakan beberapa kali dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan dan karena itu air hendaknya dikonsumsi dengan teratur. Dan yang paling penting darah yang sehat akan membantu menyehatkan jantung dan mempermudah kerja jantung dalam menopang keseluruhan aktivitas tubuh.