Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit

DokterSehat.Com – Air bekas cucian beras jangan dianggap sepele karena ternyata banyak manfaatnya bagi kecantikan. Untuk mendapatkan kulit yang bening dan cerah seringkali banyak wanita mencoba berbagai produk pemutih kulit yang harganya cukup mahal. Sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang bening dan cerah tersebut tidak butuh uang yang banyak, lho, karena Anda bisa memanfaatkan air beras.

Kandungan Air Beras

Sebelum mengetahui manfaat lebih lengkap untuk kulit, simak apa saja yang terkandung dalam berat. Beras mengandung beberapa zat yang dapat digunakan untuk kecantikan, kandungan yang ada dalam beras tersebut biasa disebut dengan oryzanol. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultaviolet ke dalam kulit sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Air beras penuh dengan vitamin, mineral dan asam amino yang penting untuk rambut dan kulit yang indah, termasuk asam ferulat, antioksidan kuat, dan allantoin, yang mengandung sifat anti-inflamasi.

Cara Menggunakan Air Beras

Selain itu, masih banyak kandungan yang lainnya yang juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Adapun cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit bisa dilakukan dengan dua cara, di antaranya sebagai berikut:

  • Cara pertama ini termasuk cara mudah yakni dengan mencampur air dan beras. Beras yang dicampurkan dengan air adalah sebesar 1/4 kilogram, kemudian aduk merata air dengan beras dan saring beras sehingga didapatkan air cucian saja. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali. Air yang disaring tersebut kemudian dimasukkan dalam wadah. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka setiap saat sehingga didapatkan wajah yang bersih dan cantik. Jika disimpan di kulkas, air cucian beras yang disimpan dalam wadah tertutup bisa bertahan sekitar satu minggu.
  • Cara yang kedua ini termasuk cara langsung yakni dengan memasukkan beras ke dalam kain katun atau wadah lain yang tidak mudah robek. Setelah itu, tumbuk pelan beras dalam kain sehingga hancur. Beras dalam kain yang sudah hancur masukkan ke dalam air hangat untuk dioleskan ke bagian wajah. Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.

Demikian dua cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit, lakukan kegiatan mencuci muka dengan air beras secara rutin baik dengan cara satu atau cara dua untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Tak hanya perawatan luar, air beras juga bermanfaat jika diminum!

Manfaat Air Beras untuk Wajah

Air beras mengandung vitamin, mineral dan asam amino yang sangat penting untuk kulit yang cantik, termasuk asam ferulat, yang merupakan antioksidan hebat, dan allantoin, yang dikenal karena sifat anti-peradangannya.

1. Pembersih wajah

Menggunakan air beras untuk membersihkan wajah sesederhana mencelupkan bola kapas atau pad ke dalam cairan dan dengan lembut memijatnya ke dalam kulit selama beberapa menit. Biarkan wajah kering untuk memastikannya benar-benar menyerap. Lakukan secara rutin akan menghasilkan kulit terasa lembut, kencang, dan bercahaya. Gunakan setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda.

2. Toner wajah

Anda juga bisa menggunakan air beras sebagai toner. Rendam bola kapas atau pad dan gunakan untuk wajah setelah pembersihan untuk meminimalkan munculnya pori-pori dan mengencangkan kulit. Toner kulit alami ini meningkatkan pertumbuhan sel, menstimulasi aliran darah, dan membantu menjaga kulit Anda tetap halus dan cerah.

3. Perawatan jerawat

Tak hanya mencerahkan lulit, air beras juga membantu menyembuhkan jerawat dan mendinginkan kulit. Karena berfungsi sebagai astringent pada kulit, mengencangkan pori-pori.

4. Mengobati eksim

Komponen pati dalam air beras juga efektif dalam mengurangi efek eksim pada kulit Anda. Celupkan lap bersih ke dalam air dan tepuk seluruh kulit yang terkena. Lakukan selama beberapa menit dan pastikan Anda mengeringkannya.

5. Untuk kulit yang teriritasi

Oleskan air beras pada ruam atau peradangan kulit lainnya untuk menenangkannya secara alami. Sebuah studi dermatologis pada pasien dengan dermatitis atopik menyatakan, bahwa mandi dengan air beras dua kali sehari selama 15 menit dapat memperbaiki kondisi secara signifikan.

6. Meredakan radang pada kulit

Air beras juga digunakan untuk meredakan radang dan kulit yang terbakar. Ini akan membantu kulit pulih dengan cepat dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Air beras yang dingin lebih disukai untuk kulit.

Mudah bukan? Sila mencoba di rumah ya, Teman Sehat!