Manfaat Abu Vulkanik untuk Perawatan Kulit

doktersehat-manfaat-abu-vulkanik
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Sejak setahun belakangan, sejumlah skincare asal Korea Selatan memperkenalkan skincare dengan tambahan abu vulkanik di dalamnya. Skincare dengan tambahan bahan tersebut diklaim mampu membersihkan kulit lebih optimal dibandingkan dengan formula pada skincare sebelumnya.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, abu vulkanik mengandung banyak material yang berasal dari perut bumi yang belum tentu aman bagi kesehatan kulit. Kendati demikian, ternyata sejumlah brand ternama juga ikut merilis skincare yang mengandung abu vulkanik.

Sebenarnya apa sih manfaat yang diberikan dari penggunaan abu vulkanik pada kulit?

1. Mencegah Jerawat

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari penggunaan skincare yang mengandung abu vulkanik adalah terhindar jerawat. Dilansir dari laman Boldsky, skincare, terutama facial mask yang dilengkapi dengan abu vulkanik dapat membersihkan dan mengangkat kotoran serta debu yang menempel pada permukaan dan pori-pori kulit secara optimal.

2. Menyerap Kelebihan Minyak

Kelebihan lain dari skincare yang mengandug abu vulkanik adalah ampuh menyerap kelebihan minyak. Tidak heran jika jenis skincare satu ini juga sangat disarankan untuk para pemilik kulit berminyak dan rentan jerawat. Kendati ampuh membersihkan dan menyerap minyak berlebih, abu vulkanik tidak akan menjadikan kulit kering.

3. Memperkecil Pori-Pori

Pori-pori yang besar tidak hanya mengganggu penampilan. Kondisi yang demikian juga membuat produksi minyak menjadi berlebihan yang akhirnya menyebabkan wajah tampak berminyak.

Jangan khawatir karena masalah tersebut dapat diatasi hanya dengan menggunakan abu vulkanik! Partikel kecilnya mampu memperkecil pori-pori kulit secara alami sehingga kulit akan tampak lebih lembap, segar, dan sempurna.

Wah, abu vulkanik yang mengandung mineral tinggi ini memang kerap dicampurkan ke dalam sejumlah jenis skincare. Selain sejumlah manfaat di atas, ternyata abu vulkanik sangat aman digunakan untuk beragam jenis kulit.