Mandul Akibat Keputihan

DokterSehat.Com – Keputihan adalah suatu masalah penyakit yang menimpa hampir setiap wanita. Keputihan sering kelai dianggap sepele atau bahkan sebelah mata oleh kaum hawa. Padahal secara kesehatan masalah tersebut mampu mengakibatkan kemandulan. Mandul akibat keputihan bisa saja terjadi pada siapa saja bahkan keputihan juga mampu merenggut nyawa seseorang.

14

Bukan bermaksud untuk mendramatisir atau terlalu mendayu-dayu tetapi hal tersebut memang bisa terjadi. Gejala keputihan yang dialami oleh seseorang bisa saja mengindikasikan bahwa orang tersebut sedang menderita kanker leher rahim.

Mendengar kata kanker pasti ngeri karena penyakit yang satu ini mampu merenggut nyawa seseorang jika terlambat dalam penangannya. Untuk itu kita harus mengenal dengan jelas tentang keputihan agar terhindar dari akibat keputihan seperti mandul dan kanker leher rahim.

Keputihan merupakan cairan berlebih yang keluar dari vagina. Setiap wanita yang ada di dunia ini baik tua maupun muda bisa mengalami keputihan. Keputihan adan yang normal atau fisiologis karena kondisi tubuh namun ada juga yang patologis.

Keputihan yang fisiologis merupakan gejala yang normal terjadi dan kita tidak perlu khawatir. Biasanya keputihan yang seperti ini tidaklah berbau dan tidak juga gatal. Namun jika ternyata cairan tersebut berbau dan gatal maka bisa sebagai keputihan patologis.

Keputihan patologis merupakan keputihan yang diakibatkan oleh jamur, bakteri, dan kuman. Biasanya cairan yang keluar akan seperti susu, atau kental kekuning-kunginan, bahkan bisa jadi bercampur dengan darah. Jika sudah demikian maka akan menjadi penyakit yang patut untuk diwaspadai.

Salah satu tanda adanya kanker leher rahim adalah adanya cairan yang berbau busuk dan bercampur dari dari vagina. Jadi segera lakukan pemeriksaan ketika hal tersebut terjadi.

Baca Juga:  Nyeri Saat Menstruasi Bisa Bikin Wanita Mandul ?

Keputihan yang dibiarkan dan dianggap sepele maka bisa merambat ke rongga rahim yang kemudian menjalan ke saluran indung telur dan akhirnya sampai ke dalam rongga panggul. Hal inilah yang mampu menyebabkan seseorang menjadi mandul bahkan lebih parah lagi yakni kematian.

Keputihan patologis biasanya terjadi pada seorang wanita yang kurang menjaga kebersihan organ vitalnya. Cara membasuh yang salah juga bisa menjadi penyebabnyanya. Gonta-ganti pasangan juga memiliki andil dalam masukknya kuman ke dalam vagina. Oleh karena itu, hubungan seks sebelum nikah sangatlah tidak diperbolehkan karena mampu menimbulkan keputihan patologis dan penyakit kelamin lainnya.

Jadi mulai sekarang jangan biarkan atau anggap remeh keputihan. Usahakan untuk selalu hidup sehat dan jaga selalu organ vital agar terhindar dari akibat keputihan.