Mandi Yang Tidak Tepat Bisa Menyebabkan Iritasi

DokterSehat.Com – Mandi seharusnya bisa menjadi aktifitas yang bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, lebih bersih, sekaligus lebih nyaman. Hanya saja, banyak orang yang mengeluhkan jika kulitnya justru akan menjadi tearsa lebih kering atau mengalami iritasi justru setelah mandi. Jika hal ini terjadi, bisa jadi kita melakukan mandi dengan cara yang kurang tepat layaknya sebagai berikut.

doktersehat-mandi-dingin

Suhu yang dingin di pagi buta atau di malam hari kerap kali membuat kita ingin mandi dengan air hangat di bawah pancuran shower. Sayangnya, banyak dari kita yang memakai shower dengan setelan yang terlalu panas bagi kulit dimana air akan terlihat mengeluarkan uap. Dengan air yang cenderung terlalu panas bagi kulit, kulit pun akan mudah terkena eksim. Cobalah untuk menurunkan setelah suhu shower hingga air pun tidak lagi mengeluarkan uap. Air hangat yang nyaman bagi kulit tentu akan jauh lebih sehat bagi tubuh kita, bukan?

Penggunaan sabun juga harus kita perhatikan, khususnya sabun antibakteri. Dibalik kemampuannya yang mampu membasmi kuman dan bakteri dengan signifkkan, sabun antibakteri justru ditengarai mampu menghilangkan minyak alami pada kulit. Adanya fakta ini tentu akan membuat kulit bisa rentan terkena masalah iritasi dan kulit kering. Selain itu, jika kita sering memakai sabun cair dan juga spon, maka ada baiknya kita juga memperhatikan kekasaran spon yang kita pakai. Spon yang terlalu kasar akan beresiko membuat kandungan minyak alami pada kulit akan menghilang dan banyak bakteri baik yang justru ikut hilang sehingga kulit akan jauh lebih rentan terkena eksim atau jerawat. Gunakan spon pada area lipatan tangan atau kaki, ketiak, hingga selangkangan yang membutuhkan gosokan khusus untuk menghilangkan kotoran.

Baca Juga:  Langsing Atau Sehat? Mengapa Memiliki Berat Badan Ideal ?

Meskipun terlihat sepele, kebiasaan tidak memakai alas kaki di kamar mandi, apalagi di kamar mandi umum ternyata bisa terkena masalah layaknya kutu air atau kutil. Cobalah untuk rajin-rajin memakai alas kaki khusus kamar mandi sehingga anda pun terhindar dari masalah ini. Selain itu, jika anda sering memakai pisau cukur saat mandi, jangan lupa untuk mencucinya dengan air panas bersih karena banyak pisau cukur yang disimpan di kamar mandi memiliki banyak kuman. Pastikan pula pisau cukur yang dipakai tidak tumpul sehingga menyebabkan infeksi.