Mandi Sebelum Subuh Sangat Baik Bagi Tubuh

DokterSehat.Com -Mandi pagi adalah salah satu aktifitas yang sangat tidak disukai oleh banyak orang. Suhu udara yang cenderung dingin akan membuat banyak orang lebih suka menarik selimutnya agar tetap terasa hangat alih-alih harus membuat tubuhnya kedinginan karena guyuran air. Uniknya, meskipun suhu sangat dingin, beberapa orang tetap memilih untuk mandi di pagi-pagi buta, bahkan di waktu sebelum subuh yang tentu akan sangat dingin. Mereka yang rajin mandi di pagi buta meyakini jika kegiatan ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Beberapa pakar kesehatan layaknya dr. Aru W. Sudoyo, MD, dari RS Medistra menuturkan bahwa mandi di pagi buta ternyata akan membaut sistem peredaran darah bisa membaik dan mengaktifkan sistem saraf untuk bekerja dengan lebih baik. Selain itu, dr. Midi Hariyani dari Klinik Nusantara, Kuningan, menuturkan bahwa mandi di waktu menjelang subuh bisa membuat sistem tubuh yang biasanya masih dalam mode proses metabolisme yang lambat menjadi terbangun. Kebiasaan ini diyakini bisa membuat kinerja jantung membaik, membuat kulit lebih sehat dan segar, hingga menjaga kestabilan suhu tubuh. Mandi di waktu subuh jelas akan membuat kantuk akan menghilang dengan segera. Selain itu, air di pagi hari biasanya memiliki kandungan gas O3 yang masih sangat kaya jika dibandingkan dengan air dalam kondisi matahari telah terbit. Dengan membilas tubuh dengan air yang kaya gas O3, kerja saraf, otak, hingga tulang akan menjadi jauh lebih baik.

Pakar kesehatan juga meyakini jika kandungan O3 pada air yang dipakai mandi sebelum subuh bisa membuat kandungan sel darah putih dalam tubuh meningkat yang tentu akan berimbas baik bagi sistem pertahanan tubuh. Selain itu, sirkulasi darah yang semakin lancar ke berbagai organ tubuh bisa menjadi solusi penyembuhan bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bahkan, kebiasaan mandi sebelum subuh diyakini bisa meningkatkan hormon-hormon yang berhubungan langsung dengan kesuburan, yakni hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada kaum pria.

Baca Juga:  Makan satu butir telur setiap hari tidak jadi masalah!

Dengan adanya berbagai kebaikan yang ditawarkan oleh kebiasaan mandi sebelum subuh, mengapa kita tidak mencoba untuk mulai melakukannya? Selain menyehatkan, rasa kantuk pun hilang sehingga kita akan siap melakukan banyak aktifitas seharian.