Mandi Malam Ternyata Bisa Membuat Kita Tidur Lebih Nyenyak

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar nasihat dari orang tua yang melarang kita untuk mandi malam karena dikhawatirkan bisa memicu rematik. Padahal, menurut pakar kesehatan, andai kita mandi malam dengan waktu yang tepat, kita justru bisa mendapatkan manfaat berupa tidur yang jauh lebih nyenyak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-mandi

Sebuah penelitian yang dilakukan di New York’s Montefiore Medical Center menyebutkan fakta menarik dimana andai kita mandi pada waktu setengah jam sebelum beranjak tidur, maka kita bisa mendapatkan waktu tidur yang jauh lebih berkualitas. Shelby Harris, direktur dari organisasi tersebut, berkata bahwa kita bisa melakukan mandi selama 20 menit hingga satu jam sehingga membuat tubuh menjadi lebih bersih, terasa nyaman, suhu tubuh menurun, dan siap untuk segera beranjak tidur.

Sudah menjadi rahasia umum jika suhu tubuh yang lebih rendah akan membantu kita lebih cepat untuk beranjak tidur. Memang, kita juga membutuhkan suhu ruangan yang nyaman dan cukup dingin untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, namun, dengan tubuh yang jauh lebih nyaman, maka hal ini tentu akan lebih mudah untuk didapatkan. Pakar kesehatan Dianne Augelli dari Center for Sleep Medicine, juga mendukung pernyataan ini dengan berkata bahwa suhu tubuh yang rendah bisa ikut mengendalikan ritme sirkadian pada tubuh kita sehingga kita pun bisa segera tidur dengan nyenyak.

Tak hanya membuat kita lebih mudah tertidur dengan nyenyak, mandi di waktu malam hari juga bisa membuat kita membersihkan area wajah dengan lebih baik. Pakar kesehatan yang berasal dari National Sleep Foundation berkata bahwa kebiasaan ini akan membantu kita menjaga kulit wajah menjadi lebih bersih, menghindari munculnya jerawat, dan membuat kita tidak mudah terkena masalah penuaan dini.