Mandi Malam Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Orang tua seringkali melarang anaknya untuk mandi di malam hari meskipun sang anak baru saja melakukan kegiatan yang membuatnya berkeringat atau kotor. Alasan utama dari pelarangan ini adalah resiko untuk mendapatkan penyakit rematik atau paru-paru basah. Mitos yang berkembang di masyarakat bahkan menyebutkan jika mandi malam bisa memicu penuaan dini. Apakah hal ini benar adanya? Pakar kesehatan ternyata menganggap mandi malam tidak akan memberikan dampak signifikan bagi kesehatan. Sebagai contoh, banyak masyarakat negara Asia Timur yang mandi di waktu malam hari setelah berkegiatan untuk mendapatkan sensasi bersih dan nyaman sebelum beristirahat.

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Manfaat Mandi Malam Bagi Tubuh
Mandi di waktu malam, khususnya setelah melakukan berbagai banyak aktifitas seharian akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Kotoran pada tubuh yang melekat sepanjang hari dan disertai dengan keringat yang lengket bisa kita hilangkan sehingga kulit pun menjadi lebih bersih dan segar. Sensasi rasa segar ini tentu akan membuat waktu istirahat menjadi lebih nyaman untuk dilakukan. Bahkan, banyak pakar kesehatan yang berkata jika mandi sebelum tidur bisa menghilangkan masalah insomnia atau suit tidur. Hanya saja, anda sebaiknya memakai air hangat sehingga tubuh pun akan sangat nyaman dan tidur pun akan semakin pulas.

Selain memberikan rasa nyaman, mandi malam bisa membuat otot-otot yang terasa pegal dan tegang karena kegiatan seharian menjadi lebih rileks. Selain itu, sistem saraf pun akan menjadi lebih rileks jika kita mandi malam dengan air hangat. Hal ini berarti kita akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan beristirahat. Selain itu, tekanan darah pun cenderung akan menurun karena mandi malam bisa menyebabkan stress berkurang dan tekanan darah menjadi lebih normal.

Baca Juga:  Konsumsi Daging Merah Tingkatkan Risiko Endometriosis

Hal Yang Perlu Diperhatikan
Mandi malam memang memberikan banyak kebaikan, namun anda tentu juga harus ingat jika anda baru saja melakukan olahraga atau berkegiatan yang membuat badan berkeringat maka anda jangan langsung mandi. Pori-pori yang terbuka untuk berkeringat tentu akan tidak baik untuk mandi sehingga anda harus menunggu keringat mengering dan barulah anda mulai mandi agar membuat badan menjadi rileks.