Mandi Malam Picu Rematik, Benarkah?

DokterSehat.com – Jangan mandi malam hari, nanti bisa terkena rematik! Larangan seperti ini masih sering terdengar di telinga kita. Lalu, benarkah mandi malam bisa menyebabkan rematik?

14

Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa  udara dingin dan air dingin memang merupakan faktor predisposisi yang dapat menyebabkan nyeri sendi. Oleh karena itu, penderita rematik atau jenis rematik lainnya sebaiknya menghindari mandi di malam hari. Namun, jika Anda ingin mandi di malam hari baiknya menggunakan air hangat.

Suhu dingin memang diketahui bisa mengakibatkan kapsul sendi mengkerut. Kondisi ini menyebabkan munculnya rasa nyeri pada penderita rematik. Karena itulah sangat disarankan untuk mandi dengan air hangat jika Anda ingin mandi di malam hari.

Dr Andry Reza Rahmadi, SpPD, MKes, dokter spesialis penyakit dalam RS Hasan Sadikin Bandung, menegaskan bahwa mandi air hangat sangat dianjurkan untuk mereka yang sudah terkena penyakit artritis reumatoid atau rematik lainnya. Tidak benar jika orang yang sehat lalu mandi malam kemudian terkena rematik. Sampai sekarang belum ada bukti yang bisa membuktikan bahwa hal tersebut benar.

Seseorang bisa menderita rematik akibat mandi di malam hari hanyalah mitos belaka. Dr Andry menegaskan bahwa itu tidak benar, yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki rematik sebaiknya hindari mandi malam. Dalam hal ini kurun waktu yang dikatakan malam yaitu selepas Magrib sampai pagi berikutnya. Tapi, bergantung pula pada daerah tempat tinggal orang tersebut. Mereka yang tinggal di daerah pegunungan suhu dinginnya mungkin bisa didapat dalam waktu yang lebih sore.