Mandi Dengan Shower Ternyata Kurang Baik Bagi Paru-Paru

DokterSehat.Com – Banyak orang yang lebih suka mandi dengan menggunakan shower. Jika dibandingkan dengan mengguyur air dengan gayung, mandi dengan shower akan memberikan kita efek pijatan pada wajah, bahu, atau bahkan punggung yang tentu akan terasa menyenangkan. Sayangnya, dibalik efek pijatan ini, pakar kesehatan mewanti-wanti kita untuk tidak sering melakukan mandi di bawah shower karena bisa memicu masalah kesehatan yang cukup serius bagi organ paru-paru kita. Seperti apakah masalah kesehatan tersebut?

doktersehat-mandi

Jurnal American Journal of Respiratory and Critical Care baru-baru ini menunjukkan fakta mengejutkan tentang penggunaan shower saat mandi. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal ini, kepala sower dan selang shower memang cenderung kerap dalam kondisi yang lembab sehingga menjadi tempat yang ideal bagi bakteri nontuberculous mycobacteria (NTM). Yang menjadi masalah adalah, bakteri ini bisa memicu infeksi paru-paru dan bisa berpindah ke tubuh kita saat kita menggunakan shower saat mandi.

Pakar kesehatan dr. Michael Iseman menyebutkan jika dengan menggunakan shower, maka paparan bakteri ini pada tubuh kita pun menjadi semakin sering. Andai kita cenderung memiliki daya tahan tubuh yang rendah, maka kita pun akan sangat rentan terkena masalah infeksi paru-paru ini. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri NTM cenderung sangat sulit untuk diobati dan bahkan bisa memakan waktu 18 bulan untuk mengatasinya.

Karena alasan inilah pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk menggunakan gayung saat mandi. Selain mampu menurunkan resiko terkena infeksi paru, penggunaan gayung juga akan membuat kita menghemat penggunaan air dengan signifikan. Hanya saja, andai di dalam kamar mandi ternyata tidak ada bak mandi dan hanya ada pancuran shower, maka ada baiknya kita kerap membersihkan kepala dan selang shower dengan pembersih khusus atau setidaknya rutin merendamnya pada campuran cuka dan baking soda sehingga bakter-bakteri ini bisa mati dan tidak menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya.