Mandi, Cara Paling Mudah Untuk Mengatasi Stress

DokterSehat.Com – Mandi adalah salah satu aktifitas yang sebaiknya rutin kita lakukan setiap hari. Dengan melakukannya, maka tubuh pun akan menjadi bersih dan terbebas dari berbagai kotoran, daki, hingga sisa-sisa keringat yang bisa membuat badan menjadi tidak nyaman. Namun, tahukah anda jika mandi ternyata memiliki manfaat lain selain hanya dengan membuat tubuh menjadi lebih bersih? Pakar kesehatan menyebutkan jika mandi adalah cara yang ampuh dan mudah untuk dilakukan untuk mengatasi stress atau perasaan ingin marah.

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Jika kita cermati, kita akan merasakan tubuh yang lebih nyaman dan pikiran yang jauh lebih tenang setelah mandi. Sebagai contoh, setelah kita melalui hari yang penat dan melelahkan di tempat kerja dan kemudian mandi sesampainya di rumah, maka tubuh pun akan menjadi lebih nyaman sehingga membuat kita bisa segera tertidur dengan lebih nyenyak.

Jika pikiran kita sedang stress atau bahkan sedang ingin marah, apalagi jika dikombinasikan dengan suhu udara yang sangat panas dan membuat kita menjadi gerah dan berkeringat, maka suasana hati kita pun akan menjadi semakin tidak karuan. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa segera mandi untuk mengatasinya. Guyuran air yang menyegarkan tubuh ternyata akan membuat otot-otot menjadi lebih rileks, menurunkan suhu tubuh, dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Tak hanya itu, mandi ternyata juga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Padahal, lancarnya sirkulasi darah ini bisa berimbas positi bagi kesehatan tubuh berupa otak yang bisa berpikir dengan lebih jernih dan berkonsentrasi dengan lebih baik, serta membuat semangat kita kembali muncul.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk mandi dengan menggunakan sabun dengan aroma yang kita sukai sehingga bisa memberikan efek menyegarkan dan menenangkan pikiran.