Mandi Air Dingin Itu Menyehatkan

DokterSehat.Com – Di pagi hari, banyak orang yang memilih untuk tetap berada di dalam selimut dan bermanja-manja di atas kasur. Suhu yang cenderung masih dingin membuat orang cukup malas beranjak ke kamar mandi dan mandi untuk bersiap diri melakukan berbagai aktifitas. Untuk menghindari suhu yang dingin ini, banyak yang memilih untuk memakai air hangat sehingga mandi pun tidak akan terasa menyiksa bagi tubuh. Memang, air hangat bisa memberikan rasa nyaman saat mandi dan bersiap diri. Namun, jika kita memberanikan diri untuk mandi dengan air dingin, tubuh kita ternyata bisa menjadi lebih segar dan bersemangat untuk menghadapi aktivitas padat sepanjang hari.



Mandi air dingin ternyata memberikan efek positif yang meredakan rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada otot setelah melakukan aktifitas padat seharian. Jika saat bangun pagi tubuh anda merasakan pegal dan nyeri di beberapa bagian layaknya pundak atau tangan, jangan ragu untuk menyiramkan air dingin di area tersebut sekitar lima menit. Air dingin bisa meningkatkan sirkulasi darah pada area yang tersiram sehingga rasa nyeri dan kerusakan jaringan otot pun bisa segera teratasi.

Air dingin juga bisa membuat kulit menjadi lebih segar, sehat, dan juga cantik. Kita bisa memakai kombinasi air hangat dan air dingin. Setelah dibilas dengan air hangat, kulit wajah bisa dibilas kembali namun dengan air dingin. Trik ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan pori-pori pun menjadi lebih kecil. Jika anda mengalami mata sembab atau mata panda, trik ini bisa dengan efektif mengurangi masalah tersebut.

Mandi air dingin sering diklaim sebagai pembangkit semangat paling efektif di pagi hari. Hal ini ditegaskan oleh banyak psikiater yang berkata bahwa air dingin ternyata mampu membuat hormon-hormon tertentu pada tubuh menjadi aktif layaknya beta-endorphon atau noradrenaline pada darah dan juga otak. Hormon tersebut adalah hormon anti-depresan yang mampu menambah semangat dan rasa fit di pagi hari. Dengan segala kebaikan dari mandi air dingin ini, masihkah anda tidak mau mandi di pagi hari?