Mandi Air Dingin Bisa Menurunkan Berat Badan?

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian terbaru yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa mandi air dingin bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih bersih dan segar, kita bisa menurunkan depresi dan kecemasan, menurunkan rasa sakit, memperbaiki produktifitas, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, apakah mandi air dingin juga bisa menurunkan berat badan sebagaimana yang dipercaya banyak orang?

doktersehat-shower-mandi

Dalam penelitian yang dilakukan di Harvard ini, para partisipan diminta untuk berada di dalam sebuah ruangan yang didinginkan suhunya hingga 60.8 derajat F atau sekitar 16 derajat Celcius selama 10 hari. Hal ini ternyata meningkatkan aktifitas brown fat pada tubuhnya. Jika jumlah brown fat dalam tubuh semakin meningkat, maka kita bisa membuat indeks massa tubuh menjadi lebih rendah yang berarti menurunnya berat badan.

Nitin Kumar, MD, pakar kesehatan yang berasal dari HSHS Medical Group yang bergerak di bidang obesitas atau berat badan menyebutkan bahwa tubuh kita akan cenderung menyimpan kalori dalam bentuk white fat atau lemak putih. Jika kita ingin menurunkan berat badan, white fat inilah yang harus kita kurangi. Hal yang berbeda terjadi pada brown fat yang justru bisa membantu proses pembakaran kalori demi mempertahankan suhu inti tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Saat kita masih bayi, kadar brown fat pada tubuh sangat banyak. Namun, seiring dengan bertambahnya umur, kadar brown fat ini semakin menurun. Dengan mengaktifkan brown fat ini dengan cara mandi air dingin, maka kita pun akan bisa membantu pembakaran kalori dengan lebih banyak.

Hanya saja, kita ternyata perlu menghabiskan waktu cukup lama untuk mandi dengan air dingin untuk mendapatkan manfaat ini. Sebagai contoh, Nitin menyarankan kita untuk berada di dalam ruangan dengan suhu 18 derajat Celcius setiap hari selama 2 jam jika ingin menurunkan 1-2 kg dalam waktu enam pekan.