Manakah yang Lebih Baik Kandungan Gizinya? Ikan Laut Atau Ikan Air Tawar?

DokterSehat.Com – Meskipun sama-sama dianggap memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan kita, pakar kesehatan menyebutkan jika ada perbedaan kandungan gizi pada ikan air laut dan ikan air tawar. Sebenarnya, ikan jenis manakah yang memiliki kandungan gizi lebih baik?

doktersehat-makan-ikan-omega3-vitamin

Pakar kesehatan Professor. Ir. Ahmad Sulaeman, PhD, menyebutkan jika meskipun memiliki kandungan gizi yang tinggi, ikan air tawar jelas masih kalah jika dibandingkan dengan ikan laut. Ikan laut memiliki kelebihan berupa kandungan DHA dan EPA yang sangat tinggi sehingga akan sangat baik bagi perrkembangan otak dan juga perkembangan janin bagi ibu hamil. Beliau pun memberikan contoh pada dua jenis ikan laut yakni ikan tuna dan ikan cakalang yang memang memiliki kandungan DHA dan EPA yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan-ikan air tawar. Kandungan DHA dan EPA, yang termasuk dalam asam lemak esensial ini, cukup banyak ditemukan dengan kadar yang tinggi pada ikan laut karena ikan-ikan membutuhkan adanya asam lemak tersebut agar mampu bertahan pada suhu air laut dalam.

Selain memilliki asam lemak esensial dengan kadar yang tinggi, sebagian ikan laut juga memiliki kadar kolesterol yang cenderung rendah. Professor Ahmad pun memberikan contoh pada ikan cakalang yang memang memiliki kadar kolesterol yang rendah, memiliki daging yang mudah dicerna, dan memiliki nutrisi lain yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, banyak pula ikan-ikan laut lainnya yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang sangat baik bagi tubuh.

Apakah hal ini berarti kita lebih baik memilih ikan laut daripada memilih ikan air tawar sebagai lauk makanan kita? Professor Ahmad tidak berpikir demikian. Meskipun memiliki kadar gizi lebih tinggi, kita sebaiknya tetap memvariasikan asupan ikan dalam makanan sehari-hari. Ikan air tawar juga menawarkan banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, ikan gabus atau belut dikenal kaya akan kandungan globulin yang bisa membantu tubuh dalam membentuk antibodi.