Manajemen Emosi – Berdamai dengan Emosi

Manajemen amarah dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

doktersehat-tremor-esensial-gangguan-kepribadian-ambang-tangan

  • Carilah dukungan dari orang lain. Konsultasikan perasaan Anda dan coba untuk mengubah perilaku Anda.
  • Jika Anda mengalami kesulitan menyadari ketika Anda memiliki pikiran marah, simpan dulu perasaan marah Anda dan mencoba untuk menemukan pemicu.
  • Cobalah untuk mendapatkan perspektif yang berbeda dengan menempatkan diri di tempat orang lain.
  • Pelajari cara untuk menertawakan diri sendiri dan melihat humor dalam situasi emosi.
  • Melatih keterampilan mendengarkan yang baik. Mendengarkan dapat membantu meningkatkan komunikasi dan dapat memfasilitasi perasaan saling percaya antara orang. Kepercayaan ini dapat membantu Anda menangani emosi yang berpotensi bermusuhan.
  • Belajar untuk menegaskan diri sendiri, mengungkapkan perasaan Anda dengan tenang dan langsung tanpa menjadi defensif, bermusuhan, atau emosional. Konsultasikan tentang sikap tegas atau cari bantuan dari seorang terapis profesional untuk belajar bagaimana menggunakan ketegasan dan keterampilan manajemen kemarahan.

Apa lagi yang bisa saya lakukan untuk berdamai dengan amarah saya dalam cara yang sehat?
Jika Anda yakin bahwa kemarahan Anda berada di luar kendali dan memiliki efek negatif pada kehidupan Anda dan hubungan Anda, cari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental. Seorang psikolog atau profesional kesehatan mental lainnya dapat bekerjasama dengan Anda untuk lebih memahami penyebab di balik kemarahan dan mengembangkan teknik untuk mengubah pemikiran dan perilaku Anda. Seorang profesional dapat membantu Anda untuk berurusan dengan kemarahan Anda dalam cara yang tepat. Pilih terapis secara hati-hati dan pastikan untuk mencari pengobatan dari seorang profesional yang terlatih untuk mengajarkan manajemen kemarahan dan keterampilan ketegasan.