Mana yang Lebih Sehat, Tinggal di Rumah atau di Apartemen?

DokterSehat.Com– Belakangan ini trend membeli rumah susun atau apartemen mulai dilirik oleh banyak orang, khususnya pasangan muda yang banyak melakukan aktifitas di tengah kota. Dengan tinggal di apartemen, mereka bisa tinggal lebih dekat dengan akses transportasi yang tentu akan memudahkan kegiatan harian. Sayangnya, tinggal di apartemen disebut-sebut bisa memberikan kerugian tersendiri bagi kesehatan paru.

doktersehat-dapur-bersih-bakteri

Pakar kesehatan spesialis paru yang berasal dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia bernama dr. Elisna Syahruddin, SpP, PhD, menyebutkan bahwa cukup banyak apartemen yang ternyata tidak memiliki ventilasi yang cukup memadai. Padahal, tinggal di tempat yang minim ventilasi kurang baik bagi kesehatan pernafasan kita.

Tak hanya membuat sirkulasi udara menjadi kurang lancar, tinggal di apartemen yang minim ventilasi akan membuat kita lebih sering menghirup asap dapur saat memasak. Padahal, cukup banyak posisi dapur yang tidak berada dekat dengan lubang ventilasi apartemen. Tak hanya itu, saluran pembuangan udara dapur juga seringkali kurang baik dalam menghisap asap memasak ini. Hal ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan paru, khususnya dalam hal meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap minyak goreng yang ternyata bersifat karsinogenik atau bisa menyebabkan kanker.

Selain karena buruknya ventilasi, cukup banyak orang yang tinggal di apartemen atau rumah susun yang masih dengan enteng merokok di sembarang tempat. Padahal, asap rokok bisa saja menyebar ke dalam apartemen dan menempel ke berbagai benda yang akhirnya dihirup oleh banyak orang. Berbagai racun yang berasal dari kandungan asap rokok inilah yang bisa memicu datangnya kanker paru.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memasang peralatan penyedot asap di atas dapur apartemen. Jika memang sudah ada, pastikan untuk memperbaikinya sehingga bisa menyedot asap saat memasak dengan maksimal. Selain itu, jangan merokok di apartemen atau dekat dengan tempat tinggal.