Mana yang Lebih Sehat? Menumis Atau Merebus Sayuran?

DokterSehat.Com– Sayuran termasuk dalam bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari karena bisa memberikan berbagai macam nutrisi yang bisa membuat tubuh semakin sehat. Untuk memastikan bahwa nutrisi di dalam sayuran tersebut tidak hilang saat kita konsumsi, kita tentu harus mengolah sayuran tersebut dengan baik. Lantas, seperti apakah cara terbaik untuk mengolah sayuran?

doktersehat-brokoli-sehat-sayur-nutrisi-vitamin

Kebanyakan orang berpikir bahwa merebus sayuran adalah cara terbaik untuk mengolahnya. Dengan merebusnya, berbagai nutrisi di dalam sayuran tidak akan terlalu banyak yang hilang. Tak hanya itu, mengkonsumsi makanan yang direbus adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga berat badan tetap ideal dan kadar kolesterol di dalam tubuh. Karena alasan inilah banyak orang yang melahap makanan yang direbus saat melakukan program diet.

Hanya saja, sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol menyebutkan bahwa menumis juga termasuk dalam cara yang sehat untuk mengolah makanan, termasuk sayuran. Hanya saja, cara ini harus dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Dalam penelitian ini, kita hanya perlu sedikit menggunakan minak zaitun untuk menumis sayuran dan hal ini bahkan dianggap lebih sehat jika dibandingkan dengan cara merebus sayuran. Dengan adanya minyak zaitun, kita justru akan meningkatkan kadar antioksidan dan phenolic pada sayuran tersebut sehingga akan lebih baik dalam mencegah berbagai penyakit kronis layaknya kanker, diabetes, atau degenerasi macula.

Cristina Samaniego Sanchez, pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini yang berasal dari Granada University, Spanyol, menyebutkan bahwa saat kita merebus sayuran, maka kadar komponen phenolic pada sayuran tidak akan meningkat layaknya jika kita menggunakan minyak zaitun untuk menumisnya. Hanya saja, ada baiknya kita selalu memastikan untuk hanya menggunakan sedikit minyak zaitun saat mengolah makanan tersebut untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.