Mana yang Lebih Sehat, Kuning Telur atau Putih Telur?

DokterSehat.Com – Meskipun bisa kita konsumsi sebagai satu makanan yang utuh, dalam realitanya cukup banyak orang yang lebih suka mengkonsumsi kuning telur saja atau putih telur saja. Sebenarnya, mana yang lebih sehat, putih telur atau kuning telur?

doktersehat-telur-wanita

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa telur termasuk dalam bahan makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol. Bahkan, tingginya kadar kolesterol pada satu butir telur bisa memenuhi kebutuhan kolesterol sehat kita dalam sehari. Sebagai informasi, rekomendasi asupan kolesterol dalam sehari bagi mereka yang berada dalam kondisi yang sehat adalah sebanyak 300 mg. Sementara itu, bagi mereka yang sudah mengidap diabetes atau masalah kesehatan kardiovaskular, maka asupan ini sebaiknya diturunkan hingga 200 mg saja setiap harinya. Sebutir kuning telur sendiri hanya memiliki 213 mg kolesterol sehingga ada baiknya kita tidak khawatir untuk mengkonsumsi telur ini meskipun memang sebaiknya tidak berlebihan.

Jika kuning telur adalah sumber kolesterol, maka putih telur adalah sumber protein yang sangat tinggi. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa putih telur memiliki nilai protein yang sama dengan yang dimiliki oleh daging unggas, ikan, atau daging tanpa lemak. Berbeda dengan kuning telur, bagian putih telur ini ternyata tidak memiliki kandungan lemak.

Menurut pakar kesehatan, di dalam satu butir telur terdapat kandungan kalori yang bisa membantu kebutuhan energi harian tubuh. Di dalam kuning telur sendiri terdapat 55 kalori dan di bagian putih telur, ada 16 kalori. Hal ini berarti, untuk membuat telur menjadi bahan makanan yang bergizi dan menyehatkan, kita hanya perlu membuat omelet yang terdiri dari satu butir telur utuh dan dicampur dengan dua putih telur. Omelet ini bisa menyediakan 103 kandungan kalori yang sesuai dengan kebutuhan harian energi tubuh kita.