Mana yang Lebih Sehat, Kopi Atau Teh?

DokterSehat.Com – Bagi sebagian orang, kopi dan teh adalah minuman yang akan sangat nikmat untuk dikonsumsi setiap hari. Kopi akan membuat badan lebih segar di pagi hari, sementara itu, teh akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang di sore atau malam hari. Keduanya bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh kita. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya manakah yang lebih sehat, kopi atau teh?

DokterSehat Teh Minuman Panas

Telah banyak hasil penelitian kesehatan yang menunjukkan jika konsumsi kopi secara rutin bisa membantu seseorang mencegah kanker usus besar, Alzheimer, dan juga Parkinson. Sebaliknya, konsumsi teh secara rutin juga telah terbukti mampu menurunkan resiko terkena kanker kulit, kanker prostat, dan kanker payudara. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika teh hijau memiliki keunggulan berupa adanya senyawa antioksidan yang akan sangat baik mencegah kerusakan sel-sel tubuh sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan polifenol di dalam teh juga secara efektif menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang tentu akan sangat baik bagi organ kardiovaskular.

Alih-alih mempertanyakan mana yang lebih sehat antara kedua minuman ini, pakar kesehatan justru lebih setuju untuk menyebutkan jika baik teh maupun kopi memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Lisa Cimperman, pakar diet dari University Hospitals Case Medical Center dari Amerika Serikat, menyebutkan jika teh dan kopi memiliki manfaat kesehatannya sendiri-sendiri dan hal ini justru memberikan keuntungan besar bagi kita. Menurut Cimperman, kita bisa memilih minuman apa yang sekiranya kita butuhkan atau sesuai dengan gaya hidup kita. Sebagai contoh, andai kita ingin menjaga berat badan tetap ideal, maka kita sebaiknya rutin mengkonsumsi teh hijau. Selain itu, andai kita ingin lebih baik dalam mencegah Parkinson, maka konsumsi kopi bisa dilakukan.