Mana yang Lebih Efektif, Berhenti Merokok Secara Tiba-Tiba atau Bertahap?

DokterSehat.Com– Ada dua jenis orang yang ingin berhenti merokok, yakni mereka yang segera melakukannya secara tiba-tiba dan berusaha untuk melawan rasa ingin merokok sekuat mungkin serta mereka yang memilih untuk mengurangi frekuensi merokok secara bertahap sebelum akhirnya benar-benar berhenti. Sebenarnya, mana yang lebih efektif dari kedua cara berhenti merokok ini?

doktersehat-rokok

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Annals of Internal Medicine tahun 2016, disebutkan bahwa berhenti merokok dengan cara mengurangi frekuensi merokok secara bertahap ternyata kurang etekfif.

Dalam penelitian yang melibatkan 697 orang dewasa yang kecanduan merokok ini, terdapat dua kelompok dimana satu kelompok memilih untuk berhenti merokok dengan tiba-tiba dan kelompok lainnya yang memilih untuk menurunkan frekuensi merokok hingga 75 persen dalam waktu 2 pekan sebelum akhirnya benar-benar berhenti merokok. Semua partisipan mendapatkan bantuan tenaga medis berupa pengganti nikotin yang bisa digunakan sebelum dan sesudah hari dimana mereka berhenti merokok.

Empat pekan setelah hari dimana mereka berhenti merokok, ditemukan fakta bahwa 49 persen partisipan dari mereka yang berhenti merokok secara tiba-tiba berhasil benar-benar berhenti. Sementara itu, hanya 39,2 persen partisipan yang berasal dari kelompok yang berhenti merokok secara bertahap yang benar-benar tak lagi merokok.

Dalam studi yang dilakukan sebelumnya pada tahun 2013, diketahui bahwa 48 persen perokok yang berhenti dengan tiba-tiba berhasil memenuhi tekadnya, jauh lebih banyak dari angka 2 persen perokok yang berhasil berhenti merokok dengan cara bertahap.

Menurut pakar kesehatan, berhenti merokok dengan cara mengurangi frekuensi merokok secara bertahap tidaklah efektif karena para perokok justru menganggap rokok sebagai hadiah setelah sekian lama tidak menghisapnya. Hal ini justru akan melatih otak untuk meminta hadiah jika kita berhenti merokok dalam waktu yang lama sehingga membuat kita akan sulit untuk benar-benar berhenti merokok.

Baca Juga:  Mengapa Banyak Orang yang Merokok Sekaligus Minum Kopi?

Dengan adanya hasil penelitian ini, kita sudah tahu cara yang efektif untuk berhenti merokok, bukan?