Mana yang Lebih Baik, Susu Sapi atau Susu Kedelai?

DokterSehat.Com– Meskipun susu sapi masih menjadi produk susu yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, kini semakin banyak orang yang mencari produk susu lainnya, tepatnya susu kedelai atau susu almond. Sebenarnya, manakah yang lebih baik dari ketiga produk tersebut?

doktersehat-susu

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa baik itu susu sapi, susu kedelai, ataupun susu almond memiliki kandungan protein, kalium, magnesium, dan nutrisi menyehatkan lainnya. Yang membedakan adalah, protein yang ada pada susu sapi adalah protein hewani dan protein pada susu kedelai serta susu almond adalah protein nabati.

Jurnal American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa ada kandungan di dalam susu sapi yang ternyata tidak bisa ditemukan di dalam susu jenis lainnya, termasuk susu kedelai atau susu almond. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa ada 5.034 anak dengan usia 2 hingga 6 tahun yang diteliti pada Desember 2008 hingga September 2015 di Toronto, Kanada, Hasilnya adalah, anak-anak yang minum susu sapi cenderung mengalami pertambahan tinggi badan lebih baik daripada anak-anak yang mengkonsumsi susu kedelai atau susu almond.

Dr. Jonathan Maguire yang memimpin penelitian ini menyebutkan bahwa anak dengan usia 3 tahun yang rajin mengkonsumsi susu selain dari sapi ternyata tingginya rata-rata 1,5 cm lebih pendek daripada anak yang mengkonsumsi susu sapi.

Connie Weaver dari Purdue University menyebutkan bahwa kandungan protein di dalam susu nabati ternyata sedikit lebih rendah dari yang ada dalam susu sapi sehingga mempengaruhi penyerapan kalsium anak. Tak hanya itu, kandungan di dalam susu sapi yang berupa insulin-like growth factor 1 (IGF-1) tidak ada dalam susu nabati. Padahal, kandungan inilah yang bisa mendukung pertumbuhan tinggi badan anak.

Baca Juga:  Manfaat Minum Susu Setelah Berolahraga

Meskipun begitu, kandungan di dalam susu nabati tetaplah baik bagi kesehatan dan akan sangat berguna bagi pelengkap nutrisi dan mendukung pertumbuhan anak-anak yang mengalami alergi pada susu sapi.