Mana yang Lebih Baik, Payung atau Jas Hujan?

DokterSehat.Com– Saat musim hujan mulai melanda, ada baiknya kita mulai mempersiapkan peralatan yang bisa melindungi tubuh agar tidak mudah basah sekaligus mencegah datangnya penyakit seperti flu. Sebenarnya, mana yang lebih baik untuk digunakan saat hujan turun, payung atau jas hujan?

doktersehat-sakit-hujan-flu

Payung
Payung sangat cocok untuk digunakan oleh mereka yang cenderung aktif beraktifitas di luar ruangan dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum. Cukup banyak payung yang didesain seringkas mungkin saat dilipat namun cukup lebar saat dibuka sehingga bisa membuat kita terlindungi dari air hujan yang deras. Payung juga cenderung lebih mudah disimpan di dalam tas atau kantong kresek sehingga tidak begitu merepotkan. Hanya saja, payung tidak bisa memberikan perlindungan dari air hujan jika hujan yang turun disertai dengan air deras sehingga bagian bawah tubuh juga akan mudah basah atau kotor terkena cipratan lumpur.

Jas hujan
Kebanyakan pengguna jas hujan adalah mereka yang memakai kendaraan roda dua yang tentu membutuhkan perlindungan dari air hujan saat berkendara. Dengan memakainya, maka hampir semua bagian tubuh akan terlindungi, bahkan saat hujan sangat deras dan berangin sekalipun. Hanya saja, jas hujan cenderung tidak ringkas saat dilipat sehingga tidak bisa dengan mudah untuk dibawa kemana-mana, apalagi jika jas hujan juga kotor sehingga kita hanya bisa menempatkannya di kendaraan yang belum tentu bisa diparkir di area yang sudah terlindungi dari air hujan.

Jas hujan juga perlu sering-sering dijemur atau digantung, bukan hanya dilipat karena jika dibiarkan dilipat dalam kondisi basah, jas hujan akan berjamur atau lengket. Selain itu, jas hujan juga seringkali berbau sehingga akan kurang nyaman saat digunakan.

Baca Juga:  Di Musim Hujan Seperti Sekarang, Selalu Bawa Benda-Benda Ini Saat Keluar Rumah

Jadi, payung atau jas hujan yang cocok bagi kebutuhan anda?