Mana yang Lebih Baik, Olahraga di Dalam Atau Di Luar Ruangan?

DokterSehat.Com – Agar tubuh tetap sehat dan bugar, ada baiknya kita rutin melakukan olahraga. Jika kita cermati, olahraga ternyata tidak selalu harus dilakukan di luar ruangan. Memang, pakar kesehatan menyarankan kita berolahraga di pagi hari di luar ruangan agar bisa mendapatkan manfaat dari paparan sinar matahari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya di pagi hari dan memilih untuk berolahraga di dalam ruangan saja layaknya di pusat kebugaran atau di kelas-kelas olahraga layaknya yoga. Sebenarnya, mana yang lebih baik, olahraga di dalam atau di luar ruangan?

doktersehat-setelah-olahraga-pendinginan-stretching-peregangan-otot

Pakar kesehatan menyebutkan jika berolahraga di luar ruangan identik dengan paparan sinar matahari pagi yang memberikan vitamin D bagi tubuh. Tak hanya itu, berolahraga di luar ruangan juga bisa membuat kita mengatasi stress degan lebih baik. Sebenarnya, secara alami, tubuh akan memproduksi hormon bahagia saat kita melakukan olahraga. Namun, dengan berolahraga di luar ruangan, kita bisa menikmati pemandangan sekitar, khususnya alam hijau yang bisa membuat pikiran menjadi semakin terbebas dari stress. Dengan adanya sensasi segar dan menenangkan pikiran ini, maka olahraga di luar ruangan akan menyenangkan untuk dilakukan sehingga bisa kita jadikan kebiasaan sehari-hari.

Sayangnya, berolahraga di luar ruangan juga memiliki kelemahan berupa adanya faktor cuaca yang terkadang tidak menentu. Sebagai contoh, jika kita berolahraga saat hujan, dikhawatirkan kita justru bisa jatuh sakit.

Untuk berolahraga di dalam ruangan, kita tidak akan mengalami gangguan cuaca apapun sehingga kita pun bisa membangun rutinitas olahraga dengan lebih baik. Selain itu, dengan berolahraga di dalam ruangan, maka kita bisa benar-benar fokus melakukannya tanpa teralihkan hal-hal lainnya yang kerap kita lihat saat berolahraga di luar ruangan. Hal ini akan berdampak positif pada hasil olahraga yang lebih baik.

Baca Juga:  Ini yang Terjadi Jika Kita Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik

Meskipun memberikan banyak keuntungan, berolahraga di dalam ruangan juga membutuhkan motivasi yang lebih kuat jika dibandingkan berolahraga di luar ruangan mengingat kita tidak bisa menikmati pemandangan sehingga bisa jadi membosankan untuk dilakukan.