Mana yang Lebih Baik, MPASI Buatan Sendiri atau MPASI Instan?

DokterSehat.Com– Ketika tiba saatnya untuk memberi MPASI pada anak, ibu sering dipusingkan dengan pilihan akan memberikan MPASI buatan sendiri atau MPASI instan yang banyak beredar di pasaran. Perlu diingat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu mana yang lebih baik untuk anak?

bayi-makan-doktersehat

MPASI rumahan
Bagi Anda yang ingin memberikan MPASI rumahan, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah kandungan gizi dari makanan yang Anda buat. Pilih menu dan bahan yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Jangan terpaku pada satu menu saja karena hal ini akan membuat bayi kurang gizi.

MPASI rumahan memang lebih menyehatkan karena dari segi kebersihan dan kandungan bahan alaminya lebih baik. Namun kadang menyiapkannya butuh proses dan waktu yang lebih lama dibandingkan MPASI instan.

Kelebihan MPASI rumahan lainnya adalah MPASI dapat disesuaikan dengan alergi anak. Saat mengolah MPASI rumahan, Anda dapat menghindari bahan-bahan tertentu yang dapat menyebabkan anak alergi. Hal ini sulit dilakukan jika Anda memberikan anak MPASI instan.

Jika anak tidak suka pada MPASI buatan Anda, jangan berkecil hati. Bisa jadi anak masih asing dengan rasa makanannya sehingga menolak MPASI buatan Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa milih bahan makanan yang lain dan mengolahnya dengan cara yang lain, asalkan tetap diberikan tanpa gula dan garam untuk anak di bawah 1 tahun.

MPASI instan
Jika Anda merasa bahwa menyiapkan MPASI rumahan memakan banyak waktu, maka Anda bisa mempertimbangkan MPASI instan untuk anak Anda. Saat memberikan MPASI instan, Anda perlu memahami bahan-bahan yang terkandung dalam kemasan tersebut. Untuk anak di bawah usia 1 tahun sebaiknya hindari MPASI instan yang mengandung gula dan garam karena pencernaan bayi belum mampu mengolah gula dan garam dalam tubuh.

Baca Juga:  Bayi ASI Eksklusif Jarang BAB, Normalkah?

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan kandungan gizi dan bahan pengawet yang ada dalam kemasan. Jika ingin lebih sehat, Anda bisa memberikan MPASI instan yang tidak mengandung bahan pengawet yang telah teruji kelayakan BPOM.

Baik MPASI rumahan maupun MPASI instan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi anak, biaya, dan waktu pengolahan untuk memilih apakah akan memberikan MPASI rumahan, MPASI instan atau kombinasi keduanya. Yang terpenting, perhatikan keseimbangan gizi anak untuk mendukung pertumbuhannya.