Mana yang Lebih Baik, Mencukur atau Mencabut Bulu Ketiak?

DokterSehat.Com – Bagi sebagian orang, khususnya kaum hawa, adanya bulu ketiak bisa membuat penampilannya menjadi tak maksimal. Memang, bulu ketiak akan tumbuh secara alami dan tidak akan memberikan kerugian bagi kesehatan, namun, jika kita menggunakan baju tanpa lengan, maka bulu ketiak ini tentu akan sangat mengganggu penampilan kita. Karena alasan inilah banyak wanita yang memilih untuk menghilangkan bulu ketiak ini secara rutin.

doktersehat-mencukur-ketiak

Cara paling efektif untuk mengatasi bulu ketiak adalah dengan waxing. Sayangnya, tidak semua orang memiliki uang atau waktu untuk melakukannya di salon kecantikan. Selain waxing, kita juga bisa mencukur atau mencabuti bulu ketiak ini. Sebenarnya, mana yang lebih baik, mencukur atau mencabut bulu ketiak?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mencukur bulu ketiak memberikan keuntungan berupa tidak adanya rasa sakit dibandingkan dengan mencabut atau melakukan waxing pada bulu ketiak. Selain itu, mencukur bulu ketiak juga bisa dilakukan dengan singkat. Kita bisa dengan mudah membeli pencukur rambut khusus wanita dan krim khusus yang disebut sebagai depilatory cream. Hanya saja, dengan mencukur rambut, kita hanya akan menghilangkan bagian permukaan bulu ketiak saja. Bagian akar yang masih ada di bawah kulit akan membuat bulu ini muncul di kemudian hari. Selain itu, jika kita asal menggunakan pisau cukur yang kotor, berkarat, atau tak lagi tajam, maka kulit ketiak pun lebih beresiko terkena iritasi.

Banyak wanita yang memilih untuk mencabut bulu ketiak karena hasilnya akan jauh lebih tahan lama. Kita bisa dengan mudah mencabuti bulu ketiak ini dengan pinset. Sayangnya, cara ini cenderung memberikan rasa sakit. Selain itu, ada pula resiko pori-pori ketiak yang akan membesar dan pada akhirnya menimbulkan benjolan pada ketiak yang tentu akan membuat kulit ketiak tak lagi mulus. Bahkan, dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa membuat kulit ketiak menghitam. Mencabut bulu ketiak juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga sepertinya kurang cocok dilakukan jika kita sedang diburu waktu.

Melihat nilai plus dan minus dari kedua metode membersihkan bulu ketiak ini, kita tentu bisa memilih mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kita.