Mana yang Lebih Baik? Memakai AC atau Kipas Angin Saat Cuaca Panas?

DokterSehat.Com– Karena tinggal di negara tropis, kita pun terbiasa dengan suhu udara yang cenderung panas. Tak hanya di tengah hari, banyak orang yang bahkan mengaku gerah saat malam tiba sehingga harus memakai peralatan elektronik seperti AC atau kipas angin agar bisa tidur dengan nyaman. Sebenarnya, dari kedua peralatan elektronik tersebut, mana yang lebih baik bagi kesehatan?

doktersehat-kamar-tidur-kipas-angin

Pakar kesehatan dr. Laksmi Duarsa, SpKK yang berasal dari Rumah Sakit Surya Husada, Bali menyebutkan bahwa baik kipas angin maupun AC bisa memberikan sensasi sejuk saat suhu udara sedang panas. Hanya saja, untuk masalah mana yang lebih baik atau lebih aman bagi kesehatan, keduanya ternyata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

AC bisa membuat kita dengan mudah menyetel suhu sesuai dengan yang kita inginkan, sayangnya, ruangan juga menjadi lebih kering dan bahkan bisa membuat kulit kita juga kehilangan kelembabannya. Sementara itu, kipas angin memang tidak akan membuat ruangan kehilangan kelembabannya sehingga kita pun tidak akan mengalami masalah kulit kering. Hanya saja, kadangkala angin yang keluar dari kipas ini juga tidak begitu dingin sehingga kita pun akan tetap kepanasan. Selain itu, tubuh yang terkena paparan angin langsung dari kipas juga beresiko terkena beberapa macam penyakit.

Dr. Laksmi sendiri menyebutkan bahwa setiap orang memiliki pilihan sendiri-sendiri dalam hal menggunakan AC ataupun kipas angin. Hanya saja, jika anda memakai kipas angin, pastikan untuk tidak mengarahkan langsung pada tubuh dan dipantulkan saja pada tembok sehingga suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Selain itu, pastikan untuk rutin membersihkan kipas angin dan AC ini agar kedua peralatan elektronik ini tidak menyebarkan debu, kotoran, atau bahkan jamur yang bisa menyebabkan penyakit.