Mana yang Lebih Baik: Makan Dengan Tangan, Sendok, atau Sumpit?

DokterSehat.Com– Berbeda dengan orang Barat yang kerap menggunakan garpu dan pisau saat makan, orang Indonesia cenderung lebih akrab dengan alat makan berupa sendok, sumpit, atau tangan. Bahkan, khusus untuk makan dengan menggunakan tangan, kebanyakan orang menganggap hal ini akan membuat makan menjadi terasa jauh lebih nikmat. Sebenarnya, mana yang lebih baik, makan dengan tangan, sendok, atau sumpit?

doktersehat-makan-dengan-tangan-sehat

Makan dengan tangan
Makan dengan tangan bisa membuat kita menikmati makanan dengan jauh lebih baik. Hal ini akan membuat kita mampu merasakan tekstur dan suhu dari makanan yang kita konsumsi. Tak hanya itu, tangan bisa menjadi filter alami sehingga jika ada bagian makanan yang masih sangat panas atau cenderung keras, kita bisa menyisihkannya terlebih dahulu sebelum kita masukkan ke dalam mulut.

Sayangnya, makan dengan tangan juga kurang baik dalam hal kehigienisan. Bagaimana tidak, banyak orang yang dengan enteng langsung memakai tangannya untuk makan padahal belum sempat cuci tangan. Jika tangan ternyata masih dalam kondisi kotor atau penuh dengan kuman, hal ini tentu bisa menyebabkan penyakit.

Selain itu, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa makan dengan tangan cenderung membuat kita makan dengan lebih cepat karena memungkinkan untuk memasukkan suapan yang lebih besar. Jika kita menikmati makanan pedas, porsi makan yang kita konsumsi juga bisa berlebihan. Hal ini tentu bisa memicu kenaikan berat badan.

Makan dengan sendok
Makan dengan sendok akan memudahkan kita mengambil makanan yang berkuah. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kecepatan makan dengan sendok cenderung sama dengan saat kita makan dengan tangan sehingga jika tidak menjaga porsi makanan, bisa jadi kita akan makan dengan berlebihan.

Saat kita makan di luar rumah, kita juga sebaiknya mewaspadai apakah sendok ini sudah dicuci dan ditempatkan di wadah dengan baik atau tidak karena bisa jadi sendok ternyata kotor, berdebu, atau memiliki kuman.

Makan dengan sumpit
Kita biasanya menggunakan sumpit saat mengkonsumsi makanan khas Asia Timur atau yang berbahan dasar mie. Makan dengan sumpit bisa memberikan kesulitan tersendiri bagi mereka yang tidak biasa.

Makan dengan sumpit membuat kita mengambil porsi suapan dengan lebih sedikit. Hal ini akan membuat kita makan dengan lebih pelan dan akhirnya terhindar dari makan dengan berlebihan. Selain itu, dengan memakai sumpit, maka bahan-bahan tambahan yang kurang sehat layaknya minyak, saus, kecap, dan lain sebagainya cenderung tertinggal di piring dan tidak akan kita makan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Singapura, disebutkan bahwa kebiasaan makan dengan sumpit akan membuat kita mengendalikan gula darah dengan lebih baik.