Mana yang Lebih Baik, Dioperasi Dokter Pria atau Wanita?

DokterSehat.Com– Pernahkah anda berpikir jika perbedaan jenis kelamin dokter yang menangani operasi sebuah pasien bisa mempengaruhi kesembuhan dari pasien tersebut? Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan oleh jurnal BMJ ternyata mengungkapkan fakta tentang pengaruh perbedaan jenis kelamin dokter pada prosedur operasi ini. Seperti apakah hasilnya?

doktersehat-operasi-pisau

Dalam hasil penelitian yang dilakukan di Kanada dari tahun 2007 hingga 2015 tersebut, ditemukan fakta bahwa proses operasi yang dilakukan oleh dokter bedah wanita cenderung memiliki angka kematian pasien yang lebih rendah, komplikasi yang lebih sedikit, serta kecenderungan pasien yang tidak kembali lagi ke rumah sakit dalam kurun waktu 1 bulan setelah operasi jika dibandingkan dengan operasi yang dilakukan oleh dokter pria.

Pakar kesehatan dari Houston Methodist Hospital bernama Dr. Raj Satkunasivam yang memimpin penelitian ini menyebutkan bahwa penelitian ini sudah memperhitungkan pengalaman, usia, kecocokan pasien dengan dokternya, hingga tingkat kesulitan penyakit. Hasilnya adalah, operasi dengan dokter wanita memang cenderung memberikan hasil lebih positif bagi kesehatan dan kesembuhan pasien.

Studi lain yang dilakukan oleh Harvard of Public Health pada awal tahun 2017 ini juga menyebutkan bahwa jenis kelamin dokter memang bisa memberikan hasil yang berbeda bagi kesembuhan pasien dan lagi-lagi dokter wanita dianggap bisa memberikan hasil yang lebih baik. Menurut penelitian ini, hal ini kemungkinan disebabkan oleh kecenderungan dokter wanita yang lebih komunikatif dan lebih taat pada panduan prosedur yang ada jika dibandingkan dengan dokter pria.