Mana yang Lebih Baik Diminum Setelah Berolahraga, Air Hangat, Air Dingin, atau Air Es?

DokterSehat.Com– Setelah berolahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sehingga membuat kita haus. Rasa haus ini muncul karena banyaknya cairan tubuh yang hilang sehingga tubuh pun memberikan sinyal untuk segera menghidrasi kembali tubuh. Sebagian orang akan memilih untuk meminum air dingin atau air es yang bisa memberikan kesegaran pada tubuh. Namun, ada pula orang yang justru memilih air hangat untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena berpikir jika air es kurang baik bagi kesehatan. Sebenarnya, mana yang lebih baik untuk diminum setelah berolahraga, air hangat, air dingin, atau air es?

doktersehat-minum-air-cegah-hipertensi

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa air es memang bisa menghilangkan rasa haus dengan sekejap. Namun, ada baiknya kita tidak meminumnya karena setelah berolahraga, suhu tubuh cenderung lebih panas dari biasanya dan jika kita kemudian mengkonsumsi minuman yang sangat dingin, tubuh pun akan sedikit kaget dan akhirnya kembali bekerja keras untuk melakukan penyesuaian suhu kembali. Tak hanya itu, jika kita mengkonsumsi minuman yang sangat dingin, sistem pencernaan kita juga dikhawatirkan akan terganggu dan membuat perut akan terasa tidak nyaman.

Jika kita minum air hangat setelah berolahraga, maka tubuh akan cenderung lebih mudah menerimanya karena suhunya cenderung setara dengan suhu tubuh. Hanya saja, sebuah penelitian membuktikan bahwa air dingin atau yang sebenarnya adalah air yang memiliki suhu yang setara dengan suhu ruangan jauh lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Air dengan suhu ruangan ini lebih mudah diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan air hangat sehingga akan lebih cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Jadi, sudah tahu kan mana air yang lebih baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga?