Mana yang Lebih Baik, Cebok Dengan Air Atau Tisu Toilet?

DokterSehat.Com– Meskipun kebanyakan orang Indonesia membersihkan bagian organ intimnya dengan air saat buang air besar ataupun buang air kecil, dalam realitanya kini juga banyak orang yang menggunakan tisu toilet. Sebenarnya, mana yang lebih baik untuk membersihkan badan, air atau tisu toilet?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Dengan menggunakan air, maka tangan kita pun bisa menyentuh langsung kotoran. Namun, kita bisa dengan mudah mencuci tangan dengan sabun setelahnya. Sementara itu, penggunaan tisu toilet akan membuat kita tidak menyentuh kotoran. Meskipun terlihat lebih menguntungkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada efek buruk dari penggunaan tisu toilet.

Dikutip dari laman thehealthsite, disebutkan bahwa tisu atau tisu basah ternyata bisa menyebabkan gatal-gatal pada area organ vital atau anus. Banyak orang yang bahkan mengeluhkan masalah kulit kemerahan atau alergi pada bagian tubuh tersebut.

Dr. Aparna Santhanam yang berasal dari Mumbai, India, menyebutkan bahwa cukup banyak tisu toilet yang memakai bahan pengawet atau parfum. Ia pun sangat tidak menyarankan kita untuk memilih tisu toilet dengan aroma yang kuat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kimia pada tisu toilet yang dikhawatirkan bisa menyebabkan perubahan keseimbangan pH pada organ vital wanita yang tentu bisa memicu pertumbuhan bakteri atau infeksi jamur.

Terdapat beberapa kasus yang menyebutkan bahwa penggunaan tisu toilet untuk membersihkan organ vital wanita bisa memicu iritasi vulva. Hal ini biasanya disebabkan oleh kandungan formaldehid kimiawi yang memang ada di tisu toilet. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menggunakan air saja yang lebih aman untuk membersihkan badan setelah buang air.