Mana yang Lebih Baik? Berlari atau Berjalan Kaki?

DokterSehat.Com – Baik itu berjalan kaki ataupun berlari sama-sama direkomendasikan oleh pakar kesehatan jika kita ingin melakukan olahraga yang memberikan manfaat kesehatan yang maksimal, namun cukup mudah untuk dilakukan. Sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya manakah yang lebih baik? Berlari atau berjalan kaki? Pakar kesehatan menyebutkan jika keduanya sama-sama baik namun akan memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh kita.

doktersehat-tulang-kaki-sendi-lari-jalan

Ada perbedaan mendasar dari kedua olahraga ini dimana berlari memiliki intensitas lebih tinggi dari berjalan kaki. Hal ini berarti, berlari akan membuat kinerja jantung akan jauh lebih berat dimana denyut jantung akan semakin meningkat saat berlari. Hal ini berbeda dari berjalan kaki yang tidak akan membuat jantung bekerja dengan sangat keras. Hal ini berarti, andai kita memiliki masalah pada organ jantung atau peredaran darah, maka berjalan kaki akan jauh lebih aman bagi organ jantung kita.

Berlari juga akan membuat kita mengeluarkan lebih banyak keringat jika dibandingkan dengan berjalan kaki. Karena alasan inilah berlari sebaiknya dilakukan jika kita memiliki waktu luang sehingga setelahnya kita bisa berganti baju, mandi, dan beristirahat. Hal yang berbeda terjadi jika kita memilih untuk berjalan kaki. Kita bisa saja melakukannya sambil berangkat atau pulang dari tempat kerja sehingga akan lebih cocok untuk dilakukan mereka yang sangat sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga.

Tahukah anda jika kita berlari dengan kecepatan rata-rata 12 km/jam, maka kita bisa membakar kalori 800 kalori per jam nya. Berjalan kaki hanya akan membakar 300 kalori per jam dengan kecepatan rata-rata 3,5 km/jam. Hal ini berarti, berlari akan lebih cepat membakar kalori dan menurunkan berat badan sehingga sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin melakukan program penurunan berat badan. Hanya saja, andai kita berjalan lebih lama atau dengan jarak lebih jauh, ada kemungkinan kita bisa mendapatkan efek pembakaran kalori yang sama dengan berjalan kaki.

Baca Juga:  Tidur di Kamar Bersuhu Dingin Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Jantung

Berlari adalah olahraga dengan intensitas tinggi sehingga lebih rentan membuat tubuh kita cedera, khususnya pada area lutut dan persendian kaki. Berjalan kaki akan jauh lebih direkomendasikan bagi mereka yang memiliki masalah persendian karna tidak memberikan resiko cedera yang cukup tinggi.