Mana yang Lebih Baik, Apel Lokal atau Apel Impor?

DokterSehat.Com– Tak hanya memiliki rasa yang manis, buah apel ternyata juga tergolong sebagai bahan makanan super yang kaya akan nutrisi sehat. Jika kita mengkonsumsinya sebutir saja dalam sehari secara rutin, maka tubuh akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

doktersehat-buah-apel-harus-dicuci-dulu

Pakar kesehatan Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS yang berasal dari FEMA IPB menyebut apel sebagai buah yang tinggi serat. Bahkan, mengkonsumsi satu buah apel saja sudah mampu memenuhi 30 persen kebutuhan serat harian. Berbeda dengan jaman dahulu dimana apel memang biasa dikonsumsi dengan kulitnya, kini kulit apel kerap terpapar pestisida dan berbagai kotoran dan bahan kimia lainnya saat proses distribusi sehingga ada baiknya kita mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Kandungan antioksidan dari buah apel juga bisa menurunkan kadar kolesterol, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, dan menjaga kecantikan kulit. Tak hanya itu, apel juga memiliki asam organik dan vitamin larut air yang mampu menurunkan resiko peradangan yang bisa saja berimbas pada munculnya penyakit degeneratif.

Salah satu jenis apel yang memiliki nilai gizi sangat tinggi ternyata justru adalah apel lokal, tepatnya apel Malang. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan apel Malang yang tidak membutuhkan waktu lama untuk didistribusikan ke berbagai tempat di Indonesia. Alhasil, apel ini tidak membutuhkan bahan pengawet tambahan. Hal ini sangat berbeda dengan apel impor yang kerap kita temui di supermarket atau toko buah. Bayangkan saja, untuk mengimpornya, apel ini harus melalui perjalanan laut yang bisa membutuhkan waktu dua atau tiga pekan. Demi menjaga keawetannya, banyak apel impor yang memakai pengawet berupa lilin dan bahan bebas jamur lainnya yang kurang baik bagi kesehatan.

Baca Juga:  Apel, Buah Manis Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Jadi, sudah tahu kan apel mana yang cocok untuk kita konsumsi setiap hari?