Mamnesia Jadi Sering Lupa Saat Hamil

DokterSehat.Com – Ketika anda sedang hamil terutama calon ibu baru sering sekali lupa serta kesulitan dalam berkonsentrasi. Gejala pelupa ini sering disebut sebagai mamnesia, pregnancy brain, dan mommy brain. Banyak para ibu yang sedang hamil menanyakan tentang kebenaran momnesia ini. Penyebab dari mamnesia ini diantaranya ialah berubahnya hormon serta menyusutnya ukuran yang terapat pada sel-sel otak ketika kehamilan berada pada trimester akhir. Sel-sel otak itu sendiri akan kembali lagi membesar pada 2 minggu ketika akan menjalani kelahiran serta akan kembali pada ukuran yang normal beberapa bulan kemudian setelah proses kelahiran.



Istilah mamnesia ini berasal dari singkatan kata yang berasal dari kata mama dan amnesia. Hal ini sering sekali digunakan oleh ibu hamil yang sedang menggambarkan terjadinya perubahan pada keadaan mental yang terjadi selama kehamilan dan pada masa awal kelahiran. Hal tersebut ditandai dengan terjadinya gangguan pada memori serta ketidakmampuan anda dalam berfikir logis, ataupun keduanya.

Penurunan ingatan yang terjadi pada wanita yang sedang hamil biasanya terjadi pada trimester yang ke dua serta trimester ke tiga. Beberapa orang merasakan, ganguan yang terjadi tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah menginjak 2 tahun setelah kelahiran bayi anda, namun sebagian lagi ada yang tetap bertahan cukup lama.

Kemungkinan anda mengalami mamnesia ketika anda sedikitnya mengalami tiga hal seperti berkali-kali anda kehilangan kunci ataupun dompet anda. Tidak ingat meletakan suatu barang yang baru saja dikerjakan beberapa menit.

Anda sering melupakan janji anda untuk menemui seseorang. Anda sering berhenti berbicara secara tiba-tiba karena anda tidak ingat apa yang sedang dibicarakan. Kemudian anda juga sering lupa untu mematikan kompor, selain itu anda hampir tersesat untuk pulang ke rumah ketika anda pulang dari toko dekat dengan rumah anda. Bahkan anda lupa siapa nama suami anda, anak anda, anggota keluarga yang lainnya bahkan lupa atas nama diri anda sendiri.

Baca Juga:  Dokter Eva Roria Silalahi

Berikut cara menghadapi mamnesia :

  • Sebaiknya anda memperbanyak jadwal tidur anda. Momnesia ini kemungkinan akan berlanjut setela anda melahirkan. Bagi wanita yang baru hamil mungkin akan kesulitan untuk memenuhi tidurnya. Namun anda harus tetap mengusahakan untuk tetap tidur walaupun sejenak.
  • Sebaiknya anda tidak mengkonsumsi suplemen bagi otak. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda sebelum mengkonsumsi suplemen.
  • Fokuslah diri anda terhadap hal-hal yang sangat penting. Buatlah sebuah pioritas. Curahkan sebagian energi pada fokus anda. Bagikan bebrapa tugas anda pada orang lain.
  • Jika anda di haruskan untuk mengingat sesuatu yang angat penting, ada baiknya anda menenangkan pikiran terlebih dulu. Kemudian anda dapat mencoba untuk memvisualkan kejadiannya. Seperti ketika anda diharuskan untuk menelpon suami anda namun anda tidak bisa mengingat nomor telponnya. Anda dapat mencoba untuk memvsiualkan diri anda yang sedang menekan nomor telpon suami anda.
  • Simpan barang-barang menurut anda penting di dalam satu tempat. Seperti kunci, dompel dan barang lainnya.
  • Catatlah semua hal yang wajib anda inget, seperti membuat janji kepada seseorang, serta jadwal anda untuk mengkonsumsi vitamin. Selain itu sebaiknya anda mencatat semua hal yang akan anda tanyakan pada dokter anda ketika anda akan memeriksakan kehamilan anda. Simpan buku catatan tersebut pada tempat yang cukup mudah untuk diingat.