Malas Sikat Gigi Ternyata Bisa Memicu Datangnya Kanker Ini

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, yakni di pagi hari dan di malam hari sebelum tidur. Dengan melakukannya, maka kita bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut dan mencegah datangnya masalah kesehatan pada bagian tubuh tersebut. Sayangnya, banyak orang yang cenderung menyepelekan pentingnya menyikat gigi. Padahal, tak hanya bisa memicu masalah seperti gigi berlubang, plak atau karang gigi, malas menyikat gigi ternyata juga bisa memicu datangnya kanker! Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Cancer Research, disebutkan bahwa malas membersihkan gigi bisa menyebabkan masalah periodontal atau gangguan kesehatan pada gusi dan kanker tenggorokan. Dalam penelitian yang melibatkan 122 ribu orang dan dilakukan selama 10 tahun ini, disebutkan bahwa 106 orang mengalami perkembangan kanker tenggorokan. Mereka yang mengalami kanker ini ternyata memiliki beberapa jenis bakteri tertentu dengan kadar yang cukup tinggi yang terkait dengan masalah gusi yang disebabkan oleh kebiasaan malas menyikat gigi.

Tak hanya terkait dengan kanker tenggorokan, gangguan periodontal atau gangguan gusi memang terkait dengan beberapa jenis kanker berbahaya lainnya seperti kanker mulut, kanker leher, dan kanker kepala. Para peneliti menduga jika kondisi kesehatan gigi, gusi, atau mulut secara keseluruhan yang tidak sehat ternyata memang bisa memicu perkembangan sel-sel abnormal yang akhirnya berkembang menjadi kanker.

Melihat adanya fakta mengerikan tentang kebiasaan malas menyikat gigi ini, masih yakin untuk malas melakukannya setiap hari?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik