Malas Sikat Gigi Sebabkan sakit jantung

DokterSehat.Com – Anda mungkin telah sering mendengar bahwa gosok gigi yang paling baik adalah dua kali sehari yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Hal ini ternyata memiliki manfaat yang cukup besar yaitu menghindarkan Anda dari penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.



Dilansir dari mirror.co.uk,sebuah penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengalami infeksi pada mulut juga mengalami masalah pada jantungnya, Ladies. Ditemukan juga bahwa penyakit gusi yang bernama periodontitis ternyata memiliki keterkaitan erat dengan penyakit stroke dan bakteri pada mulut bisa menjadi penyebab peradangan pada jantung.

Menurut para peneliti, mulut manusia merupakan organ tubuh yang paling banyak mengandung bakteri, jamur dan virus. Masalah yang seringkali timbul adalah gigi berlubang, radang gusi dan periodontitis. Masalah-masalah ini dengan perlahan tapi pasti akan merusak struktur gigi.

Menurut para ahli, obat-obat yang biasanya digunakan untuk meredakan sakit gigi, ternyata dapat memberikan efek samping pada jantung. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda melakukan tindakan pencegahan daripada pengobatan sakit gigi, Ladies.

Para peneliti kini sedang mempelajari lebih lanjut tentang keterkaitan masalah gigi dengan penyakit jantung. Mereka menyarankan agar Anda benar-benar merawat gigi Anda dengan baik yaitu dengan membersihkannya dua kali sehari; sesudah makan dan sebelum tidur. Salah satu dari mereka, Dr Van Dyke, mengatakan bahwa penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2, obesitas dan penuaan dapat menjadi lebih buruk dikarenakan penyakit gusi.