Malas Sikat Gigi Saat Hamil, Hati-hati Terhadap Tumor Jinak

DokterSehat.Com – Ahli jaringan gusi dan tulang penyangga gigi menyarankan perempuan hamil segera membersihkan karang gigi, dan memeriksakan gusinya ke dokter guna terhindar dari beragam penyakit.

4943118456_bf401a316c_b

Umumnya penyakit yang paling sering menghampiri para ibu hamil adalah penyakit gusi, mulai dari yang sedang hingga kondisi menyerupai tumor.

Drg Ratu Mirah Afifah GCClintDent,. MDSc menjelaskan, jika pada wanita yang tidak hamil penyakit gusi hanya terbagi dua tingkatan, begitu hamil tingkatan itu akan bertambah.

Jadi, penyakit gusi itu ada gingivitis, lalu ke periodontitis, kalau sudah sampai ke jaringan pendukung. Nah, pada ibu hamil akan bertambah dari gingivitis ke periodontitis, berlanjut jadi kronis, kata Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia dalam diskusi `Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil di Jakarta, Kamis (4/9/2015).

Lalu, ada satu kondisi yang memang khusus dialami ibu hamil yaitu epulis gravidarum, mirip tumor jinak. Kalau dia tidak hamil, kondisi ini tidak akan ada, tambah Ratu Mirah.

Menurut Ratu Mirah, jika kondisi ini sampai mengganggu ibu yang sedang hamil, gigi dan gusi akan mudah berdarah. Kondisi ini biasanya membuat mereka takut sikat gigi.

Kalau memang seperti itu, tetap sikat gigi menggunakan sikat gigi yang kecil atau sikat gigi junior. Jangan menggunakan tangan karena tangan tidak memiliki bulu, kata Ratu Mirah menambahkan.

Selama ukuran dari Epulis gravidarum tidak lebih dari 2,5 sentimeter, wanita hamil tersebut tidak akan menjalani operasi. Dan akan hilang begitu dia melahirkan