Malas Sarapan Pagi Membuat Kita Lebih Beresiko Terkena Bau Mulut

DokterSehat.Com – Bagi sebagian orang yang melakukan aktifitas hariannya di kota besar, waktu pagi hari sudah menjadi waktu yang sangat sibuk. Banyak dari mereka yang bahkan harus sudah bersiap-siap sejak pagi-pagi buta agar tidak terlambat di tempat kerja atau sekolah. Hal ini tentu membuat mereka tidak sempat melakukan sarapan. Yang menjadi masalah adalah, tidak sarapan pagi bisa memberikan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Dampak pertama yang akan kita rasakan jika tidak melakukan sarapan pagi adalah perut yang terasa lapar dan tubuh yang lemas karena tidak adanya asupan makanan yang menjadi sumber energi tubuh. Sebagian orang bahkan bisa jatuh pingsan gara-gara tidak sarapan pagi. Tak hanya itu, kebiasaan tidak sarapan pagi juga akan membuat kita lebih mudah menaikkan berat badan mengingat kita justru akan lebih tertarik untuk makan atau ngemil dengan berlebihan nantinya. Namun, salah satu dampak buruk tidak melakukan sarapan pagi yang tidak disadari banyak orang adalah munculnya bau mulut.

Meskipun kerap dianggap sebagai masalah kesehatan yang ringan, bau mulut bisa menurunkan rasa percaya diri sekaligus membuat banyak orang kurang nyaman saat berbicara dengan kita. Menurut laman kesehatan Boldsky, bau mulut memang bisa dipicu oleh kebiasaan diet yang tidak sehat, termasuk malas sarapan pagi. Menurut pakar kesehatan, dengan mengkonsumsi sarapan pagi, maka mulut akan memproduksi air liur dengan jumlah yang lebih banyak. Tak disangka, banyaknya air liur ini bisa membuat mulut dan lidah lebih bersih dari berbagai bakteri yang bisa memicu bau mulut. Hal yang berbeda terjadi pada mereka yang tidak melakukan sarapan pagi dimana jumlah bakteri pada mulutnya semakin meningkat dan akhirnya menyebabkan bau mulut.

Baca Juga:  Cegukan Saat Berpuasa? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

Jika kita memang sudah tidak sempat melakukan sarapan pagi karena kesibukan yang luar biasa, pakar kesehatan menyarankan kita untuk berkumur-kumur dengan obat kumur atau menyikat gigi dengan baik demi mencegah datangnya bau mulut.