Malas Minum Susu Tapi Ingin Tulang Kuat? Konsumsi Saja Buah Ini

DokterSehat.Com– Untuk menjaga kekuatan tulang, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi susu secara rutin. Dengan mengkonsumsinya, maka tulang akan mendapatkan asupan kalsium yang cukup sehingga tetap sehat dan kuat. Namun, tidak semua orang bisa minum susu karena faktor ekonomi atau bahkan karena memiliki masalah intoleransi laktosa yang membuat tubuhnya tidak kuat meminum susu. Beruntung, ada solusi yang bisa kita lakukan untuk tetap mendapatkan asupan kalsium tanpa perlu minum susu, solusi tersebut adalah makan buah.



Dilansir dari jurnal berjudul Scientific Reports, disebutkan bahwa para peneliti dari Texas A & M University menggunakan tikus percobaan untuk mencari tahu manfaat dari 4 bahan yang disebut-sebut bisa menjaga kekuatan tulang. Bahan tersebut adalah campuran antioksidan, bubuk dari buah plum, obat ibuprofen dan asam dihidrolipoat yang bersifat antioksidan.

Hasilnya adalah, tikus yang rutin mendapatkan asupan bubuk dari plum kering ternyata cenderung mampu menjaga kekuatan tulangnya dengan lebih baik, bahkan saat terkena paparan radiasi pengion yang bisa merusak tulang. Bagi tikus yang tidak dikenai paparan radiasi, kekuatan tulangnya bahkan meningkat hingga 20 persen.

Meskipun belum benar-benar mengetahui sebabnya, pakar kesehatan menduga jika bertambahnya kekuatan tulang ini disebabkan oleh adanya campuran polifenol pada buah yang bersifat anti oksidan dan anti inflamasi.

Nanci Turner, peneliti utama dari studi ini pun merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi plum kering yang diyakini bisa membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang sebanyak 2-4 buah saja setiap hari.