Malas Menggunakan Sandal Saat Berjalan di Atas Tanah Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Ini

DokterSehat.Com– Anda cenderung malas untuk berjalan kaki menggunakan sandal di luar rumah? Kasus penyakit kaki gajah yang mewabah di Uganda ini mungkin akan membuat anda berpikir ulang untuk melakukan hal tersebut. Berbeda dengan penyakit kaki gajah pada umumnya yang disebabkan oleh cacing filarial yang disebarkan oleh gigitan nyamuk, wabah penyakit yang disebut sebagai podoconiosis ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat Uganda yang berjalan kaki di atas tanah tanpa menggunakan alas kaki. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Sebenarnya, wabah ini terjadi di Uganda pada tahun 2015 lalu. Karena banyaknya masyarakat yang menderita podoconiosis, maka pemerintah setempat, badan kesehatan dunia WHO, dan juga para peneliti dari Makarere University langsung melakukan penelitian untuk mencari tahu penyebab wabah ini sekaligus melihat langsung kondisi kesehatan pasien. Salah seorang dokter dari Kementerian Kesehatan Uganda, dr. Christine Kihembo, menemukan banyak keanehan pada kondisi pasien kaki gajah dari daerah Kamwenge. Tak hanya mengalami pembengkakan di dua kakinya, buah zakarnya juga ikut membesar. Hal ini tidak terjadi pada penderita kaki gajah yang disebabkan oleh cacing filarial.

Setelah diteliti secara mendalam, pakar kesehatan menyimpulkan bahwa kebiasaan berjalan kaki di atas tanah tanpa alas kaki-lah yang memicu penyakit ini. Setelah melakukan penelitian pada data pasien kaki gajah semenjak tahun 1980, diketahui bahwa tidak ada infeksi cacing filarial sehingga dipastikan bahwa mereka terkena penyakti podoconiosis.

Saat kita berjalan tanpa alas kaki di atas tanah yang kaya akan kandungan alkali, maka kristal alkali yang berukuran sangat kecil dan tajam ini bisa menyebabkan gatal-gatal. Saat digaruk, kristal alkali ini justru akan semakin masuk ke dalam tubuh. Sel darah putih pun segera menyerang kandungan kristal alkali ini dan memicu peradangan dan pembengkakan pada kaki.

Baca Juga:  Remaja Obesitas Asal Tegal Akhirnya Meninggal Dunia

Memang, penyakit ini mungkin belum tentu bisa muncul di Indonesia, namun, ada baiknya memang kita selalu menggunakan alas kaki saat berjalan di atas tanah agar kaki lebih aman dan terhindari dari berbagai macam penyakit.