Malas Mengganti Spons Cuci Piring Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Salah satu peralatan yang pasti akan kita temui di dapur kita adalah spons cuci piring. Tanpa adanya spons ini, kita tentu akan kesulitan untuk mencuci berbagai peralatan makan seperti piring, gelas, sendok, garpu, dan lain sebagainya. Hanya saja, banyak dari kita yang cenderung malas mengganti spons cuci piring ini hingga rupanya terlihat lebih kotor atau bentuknya menjadi tidak karuan. Padahal, spons cuci piring yang sudah dalam kondisi seperti ini bisa saja menyebabkan masalah kesehatan.



Karena digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan makan dan memasak, spons tentu akan menjadi lebih kotor. Untuk mensiasatinya, kita pun akan mencuci spons ini dengan sabun dan air hangat dengan harapan membuatnya menjadi bersih. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, hal ini ternyata tidak cukup untuk membuat spons ini terbebas dari berbagai bakteri dan kuman. Bahkan, jika spons ini terus berada dalam kondisi yang basah, spons akan menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bentuk spons yang memiliki tekstur berongga dan mampu menyerap air ternyata bisa menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri-bakteri ini bahkan bisa bersembunyi pada rongga-rongga tersebut saat kita berusaha untuk membersihkannya.

Jika kita menggunakan spons cuci piring yang sudah terkontaminasi bakteri ini untuk mencuci peralatan makan, maka dikhawatirkan peralatan makan ini juga sudah terpapar bakteri. Saat kita makan dengan memakai peralatan makan tersebut, maka bakteri bisa masuk ke dalam perut kita dan menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti keracunan makanan, kolera, hingga tipus.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengganti spons cuci piring ini setidaknya sekali dalam seminggu demi mencegah datangnya masalah-masalah kesehatan tersebut.