Malas Membersihkan Lubang Pembuangan Kamar Mandi Ternyata Bisa Berbahaya

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of East Anglia yang ada di kota Norwich, Inggris, menghasilkan fakta mengejutkan tentang lubang pembuangan kamar mandi yang terkadang dipenuhi oleh sampah seperti rambut yang membuat aliran airnya mudah terhambat. Tak disangka, malas membersihkan lubang pembuangan kamar mandi ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan.



Jika kita cenderung malas untuk membersihkannya, maka akan terjadi pertumbuhan biofilm, semacam lapisan mikroorgasme tipis yang bisa menjadi sarang bakteri pada lubang pembuangan kamar mandi tersebut. Bakteri inilah yang akhirnya bisa berubah menjadi patogen berbahaya yang bisa saja menyebar ke dalam rumah dan akhirnya membuat kita mudah jatuh sakit.

Peneliti menyebutkan bahwa tanpa kita sadari, bagian bawah lubang pembuangan kamar mandi menjadi tempat yang lembab dan hangat. Ditambah dengan beberapa limbah layaknya serpihan kulit, bahan kimia sabun, hingga rambut, maka lingkungan bawah lubang pembuangan kamar mandi pun akan menjadi tempat yang cocok bagi kehidupan mikroba. Mikroba inilah yang bisa menyebar ke berbagai penjuru rumah dan memicu datangnya penyakit. Padahal, kita tentu cenderung sering bolak-balik ke kamar mandi baik itu untuk mandi, buang air, atau bahkan mencuci.

Tak hanya lubang pembuangan kamar mandi, ada baiknya juga selalu membersihkan saluran pembuangan air di wastafel, khususnya yang dipakai untuk mencuci piring. Cukup banyak limbah yang dibuang di saluran pembuangan ini sehingga dikhawatirkan juga bisa membuat tempat ini menjadi sarang mikroba penyebab penyakit yang menyebar pada peralatan memasak atau bahkan bahan makanan yang kita konsumsi.

Tak hanya akan membuat kita mencegah datangnya penyakit, rutin membersihkan lubang pembuangan kamar mandi atau wastafel juga akan membuatnya tidak mudah tersumbat sehingga aliran air limbah pun akan menjadi lebih lancar.