Malas-Malasan Saat Berpuasa Berimbas Pada Susah BAB

DokterSehat.Com – Pada bulan puasa, tidur bahkan dianggap sebagai sebuah ibadah. Sayangnya, banyak orang yang terlalu menyeriusi hal ini sehingga pada akhirnya mereka hanya malas-malasan dan tiduran sepanjang hari sambil menunggu waktu berbuka tiba. Meskipun dalam kenyataannya puasa memang menyehatkan tubuh, berpuasa yang hanya dilakukan dengan malas-malasan dan tidak aktif bergerak ternyata bisa berimbas pada masalah pencernaan, khususnya masalah buang air besar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Pakar kesehatan menyebutkan jika memang berpuasa harus disikapi dengan aktivitas harian yang berbeda dan lebih berhati-hati. Namun, bukan berarti kita hanya bermalas-malasan saja seharian. Puasa akan memberikan efek menyehatkan tubuh jika kita tetap mengadopsi gaya hidup yang sehat. Jika kita kurang bergerak, maka sitem-sistem metabolisme tubuh juga akan cenderung kurang aktif. Hal inilah yang membuat kita bisa mengalami susah BAB selama bulan puasa.

Selain tetap bergerak aktif, kita juga harus menjaga pola makan kita dengan lebih baik selama bulan puasa mengingat dalam 13 hingga 14 jam kita tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun, padahal suhu udara cukup panas. Hal pertama yang harus diingat adalah menejemen konsumsi air putih setiap hari. Banyak orang yang tanpa sadar akhirnya kurang asupan air putih harian pada bulan puasa dan hal ini juga bisa ikut berpengaruh pada kesehatan saluran pencernaan. Ingatlah untuk setidaknya memenuhi 8 gelas air putih setiap hari saat di malam hari.

Pemilihan menu makanan juga harus diperhatikan dengan seksama. Jika mampu, konsumsilah makanan kaya serat setiap kali makan malam dan santap sahur selain makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat yang akan menjadi sumber energi saat kita berpuasa. Dengan banyak mengkonsumsi serat, proses pencernaan pun akan jauh lebih lancar. Ada baiknya kita juga mulai mengurangi konsumsi gorengan dan makanan dengan kandungan pati yang tinggi karena dikhawatirkan bisa memicu masalah pencernaan dan susah BAB.