Malang, Kulit Bocah Ini Sangat Mudah Terkelupas dan Terluka

DokterSehat.Com – Seorang bocah laki-laki bernama Rhys Williams yang berasal dari Bolton, Inggris, ini mengalami nasib yang sangat memilukan. Bagaimana tidak, bocah berusia 11 tahun mengalami penyakit kulit langka yang sangat mengerikan dimana kulitnya sangat mudah terkelupas atau terluka. Kulitnya bisa saja terkelupas karena bergesekan dengan baju atau andai disentuh oleh orang lain. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-bayi-tangan-merah-rash-gatal-iritasi-sindrom-stevens-johnson-Erisipelas-lupus

Rhys didiagnosa terkena penyakit recessive dystrophic epidermolysis bullosa (RDEB). Kondisi genetik yang sangat langka dan sayangnya tidak bisa diobati. Kondisi ini membuat kulit dan jaringan tisu internalnya sangat mudah melepuh atau terkelupas bahkan oleh sentuhan atau usapan yang lembut. Andai hal ini terjadi, maka akan timbul luka yang menyakitkan. Ia pun kini hanya bisa pasrah di atas kursi roda karena tak mampu meluruskan kakinya akibat kulit di belakang lututnya sudah lengket dan andai dipaksa, bisa jadi bagian tersebut akan terluka dengan parah.

Sang ibu, Tanya Williams yang masih berusia 33 tahun bahkan mengaku jika Ia harus mengganti perban pada tubuh putranya tiga kali sehari demi mencegahnya terkena infeksi mematikan. Jari-jarinya bahkan terlihat berselaput dan sangat ringkih. Beruntung Rhys tidak patah arang dengan kondisinya, Ia bahkan masih bisa tersenyum meskipun sang ibu tahu sebenarnya Ia merasakan rasa sakit yang luar biasa.

Dokter yang menanganinya menyebutkan jika Rhys harus menggunakan morfin untuk menahan rasa sakit yang selalu Ia derita. Kondisi ini bahkan membuat orangtuanya tak mampu memeluknya sama sekali dan Ia pun tidak diperbolehkan untuk bermain dengan teman-temannya. Bahkan, karena kondisinya ini, Ia harus makan melalui selang mengingat makanan padat bisa membuat tenggorokannya terluka.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Kulit Bersisik

Beruntung, Rhys ternyata masih bersemangat untuk menjalani hidupnya. Ia bahkan ingin bergabung dengan klub yang memainkan powerchair football, semacam sepakbola bagi mereka yang hanya bisa memakai kursi roda. Memang, Ia masih membutuhkan kursi roda khusus untuk memainkannya. Beruntung, banyak pihak yang sedang melakukan donasi agar Ia bisa mendapatkan kursi roda khusus tersebut dan bisa memainkan olahraga kesukaannya ini.