Make-Up yang Benar untuk Samarkan Noda Wajah

DokterSehat.com– Sinar matahari langsung pada kulit akan memberikan efek pigmentasi yang menjadikan warna permukaan kulit tidak merata. Terlebih lagi cuaca tropis sangat rentan akan pigmentasi. Pada umumnya warna kulit yang lebih gelap adalah bagian tangan, kaki, dan juga wajah. Maka dari itu, ada berbagai jenis produk kecantikan untuk menangkal sinar UV. Tidak hanya untuk menangkal berbagai produk tersebut juga digunakan untuk menyamarkan bintik-bintik hitam, kekusaman kulit, dan warna kulit yang tidak merata akibat paparan langsung sinar matahari. Beberapa tips berikut dapat dilakukan untuk mengatasinya:



Noda atau bintik hitam

Gunakan korektor dan concealer dengan warna oranye atau yang senada dengan warna kulit untuk menyamarkan bintik hitam atau penuaan dini. Setelah itu, aplikasikan foundation, satu atau dua warna yang lebih cerah dibanding dengan warna kulit. Sehingga noda hitam akan terlihat memudar. Concealer dan korektor ini dapat digunakan sebelum menggunakan foundation atau jenis make up lainnya.

Warna kulit yang tidak merata

Untuk menyiasati kulit yang tidak merata pulaskan foundation ke seluruh bagian wajah secara. Setelah merata, lanjutkan dengan olesan nuansa emas atau perunggu untuk menonjolkan bagian kelopak mata dan tulang pipi.

Bibir yang menghitam

Selain faktor keturunan dan penggunaan pemoles bibir yang tidak sesuai, paparan sinar matahari juga dapat membuat warna bibir menjadi hitam. Untuk memberikan tampilan yang indah pada bibir Anda, oleskan lip balm yang dilapisi dengan lip liner. Setelah itu lapisi dengan lipstik berwarna oranye untuk menetralkan warna bibir yang gelap.

Bekas jerawat

Bekas jerawat pada wajah merupakan salah satu masalah bagi wanita. Sehingga saat bermake-up sebisa mungkin noda tersebut dapat tersamarkan. Aplikasikan foundation, kemudian bedak. Barulah gunakan blush on secara tipis-tipis. Blush on yang terlalu tebal akan membuat bekas jerawat tampak lebih menonjol.