3 Jenis Makanan yang Bisa Dikonsumsi Sepuasnya Tanpa Takut Berat Badan Naik

makanan-cegah-peradangan-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Oscar Mikols

DokterSehat.Com– Ketika sedang menurunkan berat badan, setiap orang harus bisa membatasi asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, khusunya yang mengandung kalori tinggi. Namun, sayangnya hal tersebut masih sulit dilakukan, sebab bagaimanapun juga nafsu makan seseorang memang sangat sulit untuk ditahan, terlebih pada makanan yang menggugah selera.

Jika Anda mengalami hal serupa, ada baiknya Anda untuk mengganti menu makanan. Sebab, ada bebeberapa makanan rendah kalori yang ternyata bisa dikonsumsi sepuasnya tanpa harus takut berat badan naik secara drastis. Berikut diantaranya:

1. Ikan

Tubuh sangat membutuhkan protein. Anda biasanya mendapatkan protein dari daging, baik ayam maupun sapi. Namun, akan lebih baik jika Anda mendapatkan protein tersebut dari ikan. Sebab, ikan merupakan sumber protein yang lebih sehat dibandingkan dengan produk hewani lainnya seperti daging ayam dan daging sapi. Selain itu, mengonsumsi ikan juga bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga dapat mengendalikan keinginan Anda untuk makan dalam porsi besar. Hal ini dikarenakan ikan mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang bisa membuatnya terasa lebih mengenyangkan.

2. Bubur

Meskipun bubur terbuat dari nasi, namun makanan yang satu ini dianggap lebih menyehatkan karena memiliki kadungan kalori yang cukup rendah. Selain itu, makanan ini juga berfungsi menyerap air serta membantu pencernaan karena mengandung serat tinggi, sehingga Anda akan terbebas dari masalah sulit buang air besar atau sembelit. Oleh sebab itu, bubur bisa Anda jadikan sebagai menu sarapan di pagi hari untuk mengisi energi yang akan digunakan pada siang hari saat melakukan berbagai macam aktivitas.

3. Kentang Rebus

Anda pasti sudah tahu mengenai manfaat dari kentang. Makanan ini populer di kalangan pelaku diet karena memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Selain itu, kentang juga mengandung kalori rendah dan memiliki sari pati yang berfungsi menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Anda bisa mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Namun, perlu Anda ingat bahwa kentang harus dikonsumsi dengan cara direbus tanpa campuran apapun. Dan jangan sekali-sekali mengolahnya dengan cara digoreng, sebab kalori di dalamnya akan menjadi cukup tinggi.