3 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Tidur

doktersehat-makanan penyebab obesitas pada anak
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Ketika sedang tidur, tubuh juga membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi. Oleh sebab itu, sebelum tidur disarankan untuk makan terlebih dahulu. Namun, bukan berarti Anda harus makan makanan berat seperti nasi, roti, dan makanan berat lainnya, karena makanan tersebut akan menumpuk menjadi lemak.

Sebaiknya Anda memilih makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan untuk dijadikan sebagai menu makan malam sebelum tidur. Selain makanan berat yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa makanan yang juga tidak boleh dikonsumsi dan sebaiknya dihindari sebelum tidur. Makanan tersebut bukan hanya menyebabkan tumpukan lemak semakin banyak, namun juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apa saja makanan tersebut?

1. Seledri

Seledri merupakan jenis daun-daunan yang memiliki aroma khas dan biasa ditambahkan pada sayur sop untuk membuat rasanya lebih nikmat. Namun, sebaiknya Anda menghindari makanan yang ditaburi seledri sebelum tidur karena dapat membuat Anda sering buang air. Hal ini tentu saja cukup mengganggu, karena ketika Anda tengah terlelap tidur, tiba-tiba rasa ingin buang air kecil membangunkan tidur Anda.

2. Es Krim

Hampir setiap orang menyukai es krim. Rasanya yang enak membuat pikiran menjadi lebih tenang. Namun, es krim dikenal dengan jumlah kalorinya yang cukup tinggi, sehingga tidak disarankan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, konsumsi es krim juga sebaiknya dihindari ketika menjelang tidur. Selain dapat mempengaruhi sistem pencernaan tubuh sehingga membuat berat badan naik, konsumsi es krim sebelum tidur juga bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Sebab, tubuh akan dipaksa untuk terus bekerja di waktu yang seharusnya Anda beristirahat.

3. Bawang Putih

Sebenarnya, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar dan di waktu yang tepat. Namun, sebaiknya Anda menghindari mengonsumi bawang putih sebelum tidur. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung bahan makanan yang bersifat panas dan pedas, sehingga dapat mempengaruhi suhu tubuh Anda. Selain itu, bawang putih juga dapat mempengaruhi kadar asam di tubuh sehingga dapat memberikan kontraksi perut sesaat sesudah mengonsumsinya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari konsumsi bawang putih sebelum tidur agar tubuh Anda tetaap terasa nyaman.