Makanan yang Mempercepat Penuaan

Doktersehat.com – Setiap orang pasti ingin terlihat awet muda dan sehat. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata bisa menjadi sumber masalah untuk tubuh. Sehingga tidak berlebihan rasanya jika ada ungkapan yang mengatakan ‘You Are What You Eat’. Percaya atau tidak, makanan yang kita konsumsi rupanya dapat mempercepat proses penuaan.
Berikut adalah 8 daftar makanan yang mungkin dapat membuat Anda tampak lebih tua, seperti dikutip beliefnet:



1. Gula

Ketika bicara gula, yang jadi permasalahan adalah bahwa makanan ini hampir ada di semua makanan, termasuk minuman ringan dan saus tomat. Gula dalam darah dapat berkombinasi dengan protein, seperti yang ditemukan dalam kolagen kulit dan membuat kulit Anda yang tadinya normal menjadi lebih rapuh. Terlalu banyak makan gula dapat membuat kegemukan dan memicu peradangan, yang membuat nyeri sendi. Konsumi gula berlebih juga dapat memberi Anda sakit kepala yang membuat garis jahat di dahi terlihat lebih menonjol.

2. Makanan olahan

Makanan olahan seperti sosis atau daging asap dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh. Sebuah radikal bebas pada dasarnya adalah molekul oksigen yang tidak stabil yang mencoba untuk menstabilkan dirinya dengan bersatu ke molekul lain yang stabil dan sehat. Masalahnya adalah radikal bebas ini akan menghancurkan molekul-molekul sehat sehingga memicu penyakit.
3. Garam

Mengonsumsi garam dalam jumlah sedikit tidak berbahaya bagi kesehatan, bahkan diperlukan. Kita sebetulnya kita tidak perlu takut kekurangan garam, melainkan harus menguranginya. Garam dapat menyebabkan retensi cairan (pergelangan kaki tebal, jari bengkak), memberikan kontribusi pada penyakit ginjal dan tekanan darah tinggi, serta dapat mengganggu metabolisme tulang. Semua ini hanya akan membuat Anda terlihat tidak bugar dan kurang bersemangat.

4. Kopi

Anda harus tahu bahwa kopi dapat berkontribusi dalam mempercepat penuaan wajah lebih cepat sebelum waktunya. Kopi akan membuat kulit Anda dehidrasi dan kekurangan air sehingga terlihat kering dan memunculkan garis harus. Minumlah paling banyak satu atau dua cangkir kopi sehari dan pastikan Anda mengimbanginya dengan minum delapan gelas air putih untuk setiap cangkir kopi yang Anda minum.

5. Lemak trans

Lemak trans terbentuk akibat proses hidrogenasi yakni pencampuran hidrogen dalam minyak sayur. Dalam bahasa sederhana, itu artinya mengubah minyak cair menjadi lemak padat. Proses ini memang membuat makanan terasa lebih gurih. Jika Anda melihat kata “terhidrogenasi” pada label makanan, berpikirlah dua kali sebelum membelinya. Minyak terhidrogenasi dan lemak trans menghasilkan banyak radikal bebas.

6. Alkohol

Konsumsi alkohol mungkin tidak secara signifikan mempercepat penuaan. Tapi efek alkohol membuat Anda mudah mengalami dehidrasi. Asupan alkohol berlebih tidak hanya mengakibatkan sel tubuh rentan mengalami penuaan dini, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

7. Minuman energi

Beberapa produk minuman berenergi mengandung begitu banyak kafein. Terlalu banyak kafein tidak hanya dapat membuat Anda lebih mudah gelisah tetapi juga dapat mengganggu waktu tidur normal. Lebih jauh, kafein telah dikaitkan dengan perubahan fibrokistik pada payudara. Fibrosis adalah pembentukan jaringan parut, sedangkan kista adalah kantung berisi cairan. Perubahan fibrokistik dapat menyebabkan payudara bengkak dan nyeri.

8. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Tiap 1 gram karbohidrat yang dikonsumsi menghasilkan energi sebesar 4 kalori. Karbohidrat berlebihan akan diubah dan disimpan menjadi lemak.

9. Berolahraga

Berolahraga paling tidak sedikitnya 3 kali dalam seminggu hal ini bertujuan agar aliran darah yang berisi nutrisi dan vitamin dalam tubuh akan mampu mancapai kebagian kulit dengan baik dan lebih efektif sangat bagus untuk mencegah penuaan dan juga kulit keriput.

10. Mengkonsumsi air putih

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air putih memiliki banyak sekali manfaat diantaranya adalah agar kulit anda terlihat indah dan lembab. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas sehari.

11. Berhenti Merokok

Hindari rokok dan minuman ber-alkhohol. Keduanya terbukti mempercepat proses penuaan dan memicu munculnya keriput lebih cepat. Jika saat ini anda merokok dan atau minum, usahakan segera mengurangi, dan akan lebih baik jika berhenti.

12. Mengkonsumsi Buah buahan

Hal, yang paling penting adalah mengkonsumsi buah buahan, agar nutrisi dari buah buahan tersebut dapat diserap oleh kulit dan dapat mencegar keriput sekaligus penuaan dini.

Sumber : health.kompas.com & kesehatan.kompasiana.com