Makanan Yang Membuat Tulang Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Sering kali kita mengutamakan kesehatan organ tubuh namun kurang memperhatikan kesehatan tulang. Tulang yang dianggap sebagai bagian tubuh yang keras dianggap bisa berada dalam kondisi yang sehat hingga masa tua nanti. Padahal, jika kita tidak memberikan asupan yang bergizi bagi tulang, kita bisa mendapatkan berbagai masalah tulang dan juga persendian dalam usia yang muda layaknya pengeroposan tulang dan juga kerusakan gigi. Memang, kini banyak produk susu yang dibuat khusus untuk menjaga kesehatan tulang, namun, kita tentu harus mengimbangi susu dengan asupan bergizi dari berbagai makanan yang bisa membuat tulang kita kuat dan sehat.

doktersehat-susu-keju-telur

Susu memang masih menjadi andalan banyak orang dalam menjaga kesehatan tulang. Dengan meminum susu yang kaya akan vitamin D dan kalsium, maka setidaknya kita sudah memenuhi sepertiga kebutuhan kalsium harian. Produk lain yang berkaitan dengan susu, yakni yoghurt juga bisa menjadi makanan yang baik bagi tulang mengingat yoghurt banyak memiliki asupan vitamin D. Bahkan, jika kita mengkonsumsi yoghurt bebas lemak setiap hari, maka kita sudah bisa memenuhi seperlima kebutuhan vitamin D harian. Selain susu dan yoghurt, kita juga bisa meminum jus jeruk yang memiliki banyak kandungan kalsium.

Ikan, khususnya ikan laut sering dianggap sebagai sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik bagi tubuh. Sebagai contoh, ikan salmon yang kaya asam lemak omega 3 bisa memenuhi sebagian besar kebutuhan harian kalsium. Ikan tuna juga bisa memenuhi hampir 40 persen kebutuhan vitamin D harian. Ikan yang juga kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D dalam tubuh adalah ikan sarden yang bisa dengan mudah kita temui dalam bentuk kalengan.

Jangan lupakan pula bahan makanan yang mudah kita temui sehari-hari layaknya telur. Memang, telur tidak akan memberikan terlalu banyak vitamin D yang kita butuhkan dalam sehari. Namun, jika kita bisa mengimbangi telur dengan produk ikan, susu, atau bahkan bayam yang dikenal kaya akan kalsium, zat besi, dan vitamin A. Selain itu, kol hijau yang mampu memenuhi seperempat kebutuhan kalsium harian tubuh juga bisa menjadi konsumsi yang baik untuk kesehatan tulang kita.

Baca Juga:  Diabetes Mellitus (Kencing Manis) – Apa Saja Masalah Kesehatan yang Ditimbulkan? Infeksi Kulit, Masalah Pencernaan, Stroke