Makanan yang Kerap Kita Konsumsi Ini Ternyata Memiliki Kandungan Alkohol Lebih Tinggi Dari Bir!

DokterSehat.Com– Salah satu makanan tradisional yang masih bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau penjual jajanan lokal adalah tape. Yang menarik adalah, meskipun kebanyakan orang tahu jika jajanan ini memiliki kandungan alkohol, tidak banyak orang yang menyadari jika kadar alkohol dari tape ternyata bisa mencapai 2 kali lipat dari yang ada pada minuman bir.



Pakar nutrisi menyebutkan bahwa baik tape maupun bir sama-sama mengandung ragi yang jika diproses menjadi makanan atau minuman akan memproduksi alkohol. Jika kandungan alkohol pada tape mencapai 7 hingga 10 persen, maka kandungan alkohol dalam bir hanyalah sekitar 4 hingga 5 persen.

Jika tape yang kita makan ternyata sudah beberapa hari diproses, sebagai contoh empat hari, maka bisa jadi kandungan alkoholnya sudah cukup tinggi. Hal ini justru berbeda dengan yang ada pada minuman bir yang biasanya sudah ditetapkan seberapa banyak kandungan alkoholnya. Sebagai contoh, Daniel Ilham yang merupakan Brewery Technological Specialist dari PT Multi Bintang Indonesia menyebutkan bahwa bir dengan kadar alkohol lebih dari 5 persen sudah dianggap lewat dari kategori A dan berbahaya bagi kesehatan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi tape dengan berlebihan. Sementara itu, meskipun kadar alkoholnya lebih rendah dari tape, ada baiknya kita juga tidak sembarangan mengkonsumsi minuman bir. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pria dewasa maksimal hanya boleh mengkonsumsi 0,5 liter bir dalam sehari sementara wanita hanya sekitar 0,25 liter saja agar tidak mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan.